MENINGKATKAN KEAWETAN JAMU TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PRODUK UNGGULAN DESA KARANGREJO

Authors

  • Khoiriyah Trianti UUniversitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Celvia Gusmia Sari Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Shofia Uswatul Khasanah Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Rizqi Imandasari Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Junika Nur Cholifah Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Mohalimas' Udi Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Oktriaayu Mega Cintya Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.15785

Keywords:

Covid Pandemic, Herbal Medicine, Village Innovation

Abstract

The Village Innovation Program is an assistance carried out to encourage the use of superior products by improving the quality to be even better. Community service for the Covid-19 edition of the PPM Community Service Community Service took place in Karangrejo Village, Kromengan District, Malang Regency. The original inhabitants of Karangrejo Village are the majority of carrying herbal medicine traders. The government's appeal forbids its citizens to do activities outside especially gathering with many people to prevent the transmission of the Covid-19 virus having an impact on the herbal medicine traders. Herbal medicine traders experienced a tremendous impact they could not sell herbal medicine by going around as usual while the herbal medicine only lasted a week. This will also be an obstacle if the herbs are sold online because the shelf life is relatively short. Thus, we provide innovations for herbal medicine packaging so that it can last longer, which is made into herbal powder and packaged in an attractive manner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akaibara (2018). Kebangkitan Desa Karangrejo Sentra Jamu Tradisional Malang Selatan. Diakses 4 September 2020, pada laman https://ngalam.co/2018/09/26/kebangkitan-desa-karangrejo-sentra-jamu-tradisional-malang-selatan/

Akhmad, Jaenudin. 2015. Aplikasi Pemasaran dan Ilmu Salesmanship. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Basri, B., dan Qashim, A (2018). Pemberdayaan UMKM Desa Kunyi Melalui Potensi Umbi Gadung dengan Pendekatan Promosi berbasis Teknologi CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 44-49.

Bora, M. A dan Bayu, A. (2018). Pengembangan Keemasan Produk Khansa Pizza

Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Quality function Deveployment (QFD)

Listyana, Nurul Husniyati dan Gina, Meiviana. (2017). Analisis Produksi Temulawak Sebagai Bahan Baku Jamu Di Balai Besar Peenelitian dan Pengembangan Obat Tradisional Tawangmangu. Jurnal Jamu Indonesia, 2 (1):1-7

Kertajaya, Hermawan & Setiawan. 2014. WOW Marketing. Jakarta: Penerbit PT. Erlangga Pustaka Utama.

Kotlerp, G Amstrong. 2008. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. Twelfth Edition. New Jersey: Pearson

Riaeni, Ida. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Produk Kuliner Tradisional. Jurnal Komunikasi. Vol. 1, Nomor 2. ISSN 2580-8338. Diakses melalui http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/443/274

Tan, Aulira M.; Martha Tri Lestari & Dini Salmiyah Fithrah Ali. Respon Konsumen pada Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga Di Kawasan Wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan dalam e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016 | Page 2631 diakses melalui https://openlibrary.telkomuniversity. ac.id/home/catalog/id/116379/slug/re spon-konsumen-pada-strategikomunikasi-pemasaran-digital-dinaspariwisata-ekonomi-kreatif-pemudadan-olahraga-di-kawasan-wisatamandeh-kabupaten-pesisirselatan.html

Sitoresmi, Ike, Sujiman, Maksum, Ali. 2019. Aplikasi Keamanan Pangan dan Teknologi Pengemasan Produk Jamu Alona Guna Peningkatan KInerja Produk. Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Volume 5 No 1 April, ISSN: 2477-6289. http://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi

Srihartanti Atik, dan Rahmisyah.1995. Aneka Resep Kuno. Surabaya Bintang Usaha Jaya

Widyasari, Ima dan Maskan, Mohammad. 2017. Pengaruh Kemasan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lay's (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis. E-ISSN: 2407-5523, hal 304-309

Downloads

Published

2021-07-07

How to Cite

Khoiriyah Trianti, Sari, C. G. ., Khasanah, S. U. ., Imandasari, R. ., Cholifah, J. N. ., Udi, M., & Cintya, O. M. . (2021). MENINGKATKAN KEAWETAN JAMU TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PRODUK UNGGULAN DESA KARANGREJO. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 2(2), 107-113. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.15785