The PENINGKATAN PEREKONOMIAN GAPOKTAN TORONG MAKMUR MELALUI PENGOLAHAN PAKAN TERNAK LELE

PENINGKATAN PEREKONOMIAN GAPOKTAN TORONG MAKMUR MELALUI PENGOLAHAN PAKAN TERNAK LELE

Authors

  • Agustin Dwi Haryanti SINTA ID: 6718535, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/janayu.v3i1.20902

Keywords:

usaha, pakan, perekonomian

Abstract

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Torong Makmur merupakan salah satu bentuk gabungan dari beberapa kelompok tani yang bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha di DesaTorongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Gapoktan Torong Makmur ini dikelola dan dikembangkan dalam pendampingan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) oleh Dinas Pertanian Kota Batu.

Pengabdian  kelompok ini bertujuan  untuk  memberikan  pendampingan dan pelatihan pengolahan pakan lele untuk meningkatkan perekonomian usaha Gapoktan Torong Makmur. Budidaya lele merupakan salah satu usaha yang menguntungkan. Untuk perawatan kolam serta pemberian pakan cukup mudah dilakukan. Meskipun  dalam  pemberian pakan  lele terbilang mudah, tetapi hal ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Pakan adalah  makanan atau asupan yang diberikan kepada hewan ternak, dan merupakan salah satu elemen dasar yang sangat penting di dalam pembudidayaan hewan ternak, termasuk juga untuk ikan lele. Pakan yang diberikan kepada ikan lele harus memiliki kandungan gizi yang cukup, sehingga dapat berkembang dengan sempurna.

Jenis pakan  lele sangat bervariasi. Selain memberikan pakan  yang dijual di pasaran, Gapoktan Torong Makmur juga memberikan pakan lele yang dibuat sendiri oleh para anggota Gapoktan. Pembuatan pakan lele ini dilakukan dengan adanya beberapa penyesuaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekonomi, S., Fakultas, S., Islam, E., Djuanda, U., Ciawi, J. T., Studi, P., Syariah, P., Ekonomi, F., Universitas, I., Bogor, D., & Ciawi, J. T. (2021). Pendampingan Produksi UMKM Dalam Meningkatkan Usaha Sale Pisang Di Desa Padamulya Assistance in Production of MSMEs in Increasing Banana Sale Business in Padamulya Village. 1(1), 40–45.

Indonesia, B. N. (n.d.). DI MASA KENORMALAN BARU.

Riana, I. G. (2014). Master Plan UMKM Berbasis Perikanan untuk Meningkatkan Pengolahan Produk Ikan yang Memiliki Nilai Tambah Tinggi of Fish Products That Have High Value Added. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 7(2), 102–119.

Sari, Y. P., Farida, I., & Hetika, H. (2019). Model Pendampingan Umkm Pengolahan Hasil Laut Dengan Metode Pendekatan Pendampingan Terintegrasi. Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 8(1), 293. https://doi.org/10.30591/monex.v8i1.1269

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi [J.A.M.I.E.], 1(1), 40–49. http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE

Susanto, I., Mariam, I., DK, M. R. R. T. M., & Latianingsih, N. (2020). Pendampingan Budidaya Dan Pemasaran Ikan Lele Untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(2), 13–19.

Downloads

Published

2022-04-21

How to Cite

Haryanti, A. D. (2022). The PENINGKATAN PEREKONOMIAN GAPOKTAN TORONG MAKMUR MELALUI PENGOLAHAN PAKAN TERNAK LELE: PENINGKATAN PEREKONOMIAN GAPOKTAN TORONG MAKMUR MELALUI PENGOLAHAN PAKAN TERNAK LELE. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 3(1), 78–87. https://doi.org/10.22219/janayu.v3i1.20902