Penguatan Media Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ukm Batik di Kec. Bayat Kab. Klaten

Authors

  • Nuryakin Nuryakin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Nur Hidayah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/janayu.v3i2.21163

Keywords:

pemasaran online;, media sosial;

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh Tim Program Kemitraan Mayarakat (PKM) yang terdiri dari 2 dosen. Kegiatan ini bertujuan untuk: (1) Mengenalkan kepada para pelaku UKM Batik di Kec Bayat Klaten khususnya pada komunitas pengrajin batik tulis di desa Karang Gumuk RT01 RW 07 Jarum Bayat Timur tentang pemasaran online, (2) Meningkatkan ketrampilan pemasaran melalui media pemasaran online bagi para pelaku UKM Batik di desa Karang Gumuk RT01 RW 07 Jarum Bayat Timur. Kegiatan Program Kemitraan Mayarakat (PKM) ini dilaksanakan selama satu hari dengan alokasi pertemuan selama 4 jam. Materi pelatihan meliputi teori dan praktik cara melakukan penjualan online dengan menggunakan facebook dan instagram. Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 16 pelaku UKM Batik di desa Karang Gumuk RT01 RW 07 Jarum Bayat Timur. Metode pelatihan yang digunakan ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik secara langsung kepada para pelaku UKM Batik di desa Karang Gumuk RT01 RW 07 Jarum Bayat Timur. Adapun hasil kegiatan PKM ini diantaranya : (1) para peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang pemasaran online yang diindikasikan dari peningkatan nilai rerata pre test dan post test peserta dari 56,86 menjadi 78,13. (2) kesan dari para peserta bahwa kegiatan pelatihan memberikan manfaat terhadap kegiatan PPM yang ditunjukkan dari nilai rerata jawaban para post test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lyna, L., & Ditiolebiet, H. (2021). Peranan Media Sosial Instagram, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Masker. Solopunya. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(2), 84-89.

Nuriyanti, W. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Kreatif. Sosio E-Kons, 11(2), 101-107.

Pratiwi, A. A. M. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73-81.

Pritasari, O. K. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Terhadap Produk Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan Sls. Jurnal Tata Rias, 9(2).

Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran media sosial dalam mendukung pemasaran produk organisasi bisnis. IKRAITH-EKONOMIKA, 1(2), 25-30.

Setyowati, T., & Wijayanti, F. N. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Pengrajin Batik Eco Print Yang Berdaya Saing Dimasa New Normal Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 7(1), 112-122.

Triatmanto, B., Sanusi, A., & Siswati, A. (2020). Pemanfaatan Video Tutorial Batik Seng Melalui Akses Media Sosial Pada Pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan Kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2423-2432).

Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.

www.indoleader.com

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Nuryakin, N., & Hidayah, N. (2022). Penguatan Media Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ukm Batik di Kec. Bayat Kab. Klaten. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 3(2), 164–170. https://doi.org/10.22219/janayu.v3i2.21163