Pengembangan Kreativitas Bahasa Inggris dan Literasi Digital melalui Program Fun English untuk Peserta Didik Rusunawa Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.22219/janayu.v4i1.22110Keywords:
aplikasi, Fun English, literasi, pembelajaran, peserta didik, RusunawaAbstract
RUSUNAWA (Rumah Susun Sederhana Sewa) Pangkalpinang merupakan sarana perumahan yang disediakan oleh negara khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Mata pencaharian dan latar belakang sosial keluarga memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perkembangan kognitif siswa tingkat pendidikan dasar. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh tim PkM Program Studi Sastra Inggris Universitas Bangka Belitung adalah menghadirkan wadah akselerasi kemampuan literasi peserta didik, baik dalam menguasai platform pembelajaran maupun dalam meningkatkan kemampuan kognitif ketika berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Kedua variabel ini dikemas dalam satu kegiatan terstruktur yang diwujudkan dalam satu visi, yakni “Pelita”, Peningkatan Literasi. Dalam penerapannya, konsep “Fun English” menjadi pilihan tim sebagai strategi untuk mencapai penguatan literasi bahasa Inggris. Selain itu, pemahaman akan literasi digital disampaikan dalam bentuk video animasi. Hasil yang dicapai, dikaji secara kualitatif, menunjukkan bahwa pendekatan yang diaplikasikan memberi dampak positif dalam bentuk antusiasme peserta didik saat mengekspresikan atmosfer pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga mampu mengubah persepsi peserta didik terhadap sulitnya pelajaran bahasa Inggris. Tidak hanya itu, pemahaman akan penggunaan aplikasi untuk proses belajar dapat diserap dengan baik melalui video animasi yang diciptakan sedemikian rupa.
Keywords: aplikasi, Fun English, literasi, pembelajaran, peserta didik, Rusunawa
Downloads
References
Anggrawan, Anthony. 2019. Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Matrik : Jurnal
Manajemen, Teknik Informatika & Rekayasa Komputer. Vol.18 No.2 (Mei) 2019,
Hal 339-346. DOI : https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Kurniasari, Asrilia et al. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 6, No 3 diakses pada 02 Maret 2022.
Mukminatun, S. (2008). Teknik Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak. Retrieved July 27, 2022.
Mulyawan, Ulfan. 2020. Problematika Online Learning; Hambatan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Hospitality Vol.9 No.2 Desember 2020.
Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961-2969.
Nur, M. (2017). English Corner: A Setting to Support CLT Success Enhancing Students’speaking Skill. Ideas: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 5(1).
Salinan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Sumarsono. (2007). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sabda.
Triyanto, T., Fauziyah, F. A., & Hadi, M. T. (2019). Bahasa sebagai pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 1(1).
Widyastri, P. L. (2019). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam Persebaran Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan di Indonesia.
Yuniarti, F., & Rakhmawati, D. (2021). Studi Kasus: Game Digital “Kahoot” Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 46-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.