Penguatan Keterampilan Abad 21 Melalui Perancangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Berorientasi Merancang Kegiatan Laboratorium-Keterampilan Generik Sains (MKL-KGS)
-
DOI:
https://doi.org/10.22219/janayu.v4i1.22827Keywords:
Berorientasi Merancang Kegiatan Laboratorium-Keterampilan Generik Sains (MKL-KGS)Abstract
Telah dilakukan program kemitraan masyarakat dengan judul “PKM Penguatan Keterampilan Abad 21 Melalui Perancangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Berorientasi Merancang Kegiatan Laboratorium-Keterampilan Generik Sains (MKL-KGS)”. Mitra pengabdian ini adalah guru-guru fisika yang tergabung dalam MGMP fisika kabupaten Demak. Metode pelaksanaan berupa penyuluhan. Kegiatan-kegiatan dalam PKM ini terdiri dari empat kegiatan penyuluhan yaitu, 1) penyuluhan mengenai tata kelola laboratorium yang standar, 2) penyuluhan mengenai keterampilan generik sains/KGS, 3) penyuluhan tentang kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk merancang kegiatan laboratorium (perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan), dan (4) penjelasan tentang analisis dan identifikasi kurikulum fisika SLTA. Evaluasi keberhasilan penyuluhan dilakukan menggunakan instrumen angket berupa google form. Pada pertanyaan pertama tentang “Konten materi yang disampaikan menarik” diperoleh hasil 56% peserta “sangat setuju” sisanya 44% peserta mengisi ‘setuju”. Pada pertanyaan kedua tentang “Materi yang disampaikan bermanfaat bagi saya” diperoleh hasil 75% “sangat setuju” sisanya 25% mengisi “setuju”. Pada pertanyaan ketiga tentang “Materi yang disampaikan memperluas/ memperkuat pengetahuan saya” diperoleh 69% “sangat setuju” sisanya 31% mengisi “setuju”. Pada pertanyaan keempat tentang “Materi yang disampaikan dapat memantik kreatifitas saya dalam merancang alat peraga atau praktikum” diperoleh hasil 56% peserta “sangat setuju” sisanya 44% peserta mengisi ‘setuju”.
Downloads
References
Brotosiswoyo, S. 2000. Hakekat Pembelajaran MIPA (Fisika) di Perguruan Tinggi. Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Jakarta, Depdiknas.Trilling, Bernie dan Charles Fadel. 2009. 21st Century Skill. San Francisco: Joosey-Bass A Wiley Imprint.
Dunnett, K., and Bartlett, P.A. 2018. Asking the Next Generation: The Implementation of Pre-University Students’ Ideas about Physics Laboratory Preparation Exercises. Physics Education, Vol.53 No.1 Article 015016.
Etkina, E. 2005.”Preparing Tomorrow’s Physics Teacher” Forum on the American Physics Society [on line]. Tersedia dalam http:/units.aps.org/unit/fed/newsletter/fall 2005/Preparing. Html [11 februari 2017).
Gunawan, 2011. Pengembangan Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk meningkatkan Keterampilan generik Sains dan disposisi berpikir kritis calon Guru. Disertasi Doktor pada sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung:tidak diterbitkan.
Hu, D., Zwickl, B.M., Wilcox, B. R., Lewandowski, H.J. 2017. Qualitative Investigation of Students’ Views About Experimental Physics. Physical Review Physics Education Research, Vol.13 No.2 P.020134-1-020134-12.
Khoiri,N.,Riyadi, S., Kaltsum U.,Hindarto N., and Rusilowati, A. 2017. Teaching Creative Thinking Skills with Laboratory Work. Int. J. Sci.Appl.Sci.: Conf. Ser., Vol.2 No.1.
Khoiri, N., Huda, C., and Assegaf, H. 2020. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga konstanta pegas digital untuk meningkatkan keterampilan generik sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131-140.
Khoiri, N., Rusilawati, A., Wiyanto, W., Sulhadi, S., and Susilawati, S. 2019. Laboratory Work Package with Authentic Assessment to Develop Collaborative Performance Skills of Physics Education Students. KnE Social Sciences, 427-437.
Khoiri, N. 2019. Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Berorientasi Keterampilan Merancang Kegiatan Laboratorium Berbasis Keterampilan Generik Sains, Disertasi Doktor pada Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang:tidak diterbitkan.
Khoiri, N., Rusilowati, A., dan Jafar, R. 2020. Generic skills pattern of physical teacher’s candidate through design of school physics practicum guidelines. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 3, p. 032091).
Khoiri, N., Rusilowati, A., Wiyanto, W., dan Sulhadi, S. 2019. Pengembangan Perkuliahan Fisika Berorientasi Keterampilan Merancang Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 114-118.
Yanti, D.E.B., Subiki, S. dan Yushardi, Y. 2016. Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri Di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (1): 41-46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.