PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI WIRAUSAHA BARU KOTA CIMAHI BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.22219/janayu.v4i1.24102Keywords:
pemasaran digital, iklan, wirausaha baru, cimahiAbstract
Pemasaran digital merupakan metode pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi informasi. Metode ini diyakini dapat memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu pemahaman dan keterampilan memasarkan secara digital dilatihkan pada 20 (dua puluh) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Wirausaha Baru Kota Cimahi. Pelatihan ini diberikan dengan metode tatap muka dan online. Pelatihan tatap muka dilaksanakan di Cimahi Techopark sedangkan pelatihan online melalui aplikasi zoom. Materi pelatihan yang bersifat teori meliputi: pemahaman tentang pemasaran konvensional dan digital; teknik bahasa iklan yang menarik. Materi lain yang diberikan adalah keterampilan memanfaatkan media social dan website sebagai media pemasaran digital, materi ini bersifat praktek. Dari kegiatan pelatihan yang dilakukan, peserta sudah dapat pemahaman pentingnya pemasaran digital bagi peningkatan kinerja usaha mereka dan peserta juga sudah mengetahui bagaimana membuat iklan dengan bahasa yang tepat dan menarik. Hasil lainnya adalah peserta sudah mengetahui bagaimana memanfaatkan social media sebagai sarana media pemasaran digital dan salah satu peserta dibuatkan website percontohan.
Downloads
References
Abdul, A.H. Nurmansyah. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Industri Kuliner Di Kota Cimahi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Unjani
Durianto, Darmadi, C., & Liana. (2003). Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. 2016. Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda International Journal of Research in Marketing.
Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons
Maulana, Y. (2017, 2 6). http://swa.co.id/swa/csr-corner/. Retrieved 2 17, 2017, from http://swa.co.id/
Mohamad Trio Febriyantoro & Debby Arisandi. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD). VOL 2 NO. 2
Purwana, Es, Dedi. Rahmi. Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (Jpmm) E-Issn: 2580-4332 Vol. 1 No. 1 Juli 2017
Rahmat, T. D. Jatmik. 2016. Masalah yang dihadapi Usaha Kecil Menengah di Indonesia, Jurnal Studi Ekonomi Syariah. Vol 2 Edisi 6.
Tumija. 2022. Peran Pemerintah dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Usaha
Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Masa Pandemi COVID-19 di Cipageran, Cimahi. Jurnal Civitas Consecratio Volume 2 Nomor 1 2022: 25–37
www.ekon.go.id. Diakses tanggal diunduh 18 Desember 2022
https://cimahikota.bps.go.id/ diakses tanggal 17 Desember 2022
detik.com. Gegara Pandemi COVID-19, 13 Ribu UMKM di Cimahi Gulung Tikar. diakses tanggal 17 Desember 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.