Kepuasan Kerja Karyawan di Unit Usaha Milik Kampus
DOI:
https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol3.No2.87-92Keywords:
kepuasan kerja, gaji, pimpinan dan rekan kerja, lingkungan kerjaAbstract
Kepuasaan kerja karyawan dapat diartikan sebagai cara pandang/ sikap emosional karyawan baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan pada pekerjaan mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat kepuasaan kerja karyawan di Unit Usaha Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan cara interview, dokumentasi dan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah tabel distribusi frekuensi relatif, dengan jumlah sampel 35 karyawan. secara umum kepuasan kerja karyawan diukur melalui 40 indikator yang menyakut kepuasan kerja terhadap: gaji, promosi, atasan, rekan kerja dan pekerjaan itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan sedang, dan terdapat penyebaran skor kepuasan kerja dengan deviasi yang tinggi. Dari rentang skor tiap responden 40 – 200, diperoleh nilai skor minimal 115, skor maximal 188, rata-rata skor 148,6 dan standar deviasi 13,829.Downloads
References
Alamsyah, M. Ilham et all (2018). Analisis Kepuasaan Konsumen Terhadap UMM Bakery di Malang. EPrint UMM. Malang.
Arikunto, Suharmisi (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bina Aksara. Jakarta.
Ayu, N., Pitasari, A., & Perdhana, M. S. (2018). Kepuasan Kerja Karyawan : Studi Literatur. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro, 7(4), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22488
Christiato, G., & Putra, M. (2016). Pengaruh Emotional Exhaustion Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. None, 5(5), 243731.
Erro-Garcés, A., & Ferreira, S. (2019). Do better workplace environmental conditions improve job satisfaction? Journal of Cleaner Production, 219, 936–948. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.02.138
Firdaus, R. A. (2018). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Tesis, 24
Hakim, A., & Wuryanto. (2004). Model Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Peran Komunikasi Dan Motivasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(1), 1–18
Long, C. S., & Thean, L. Y. (2011). Relationship berween Leadership Style, Job Satisfaction and Employees’ Turnover Intention: A LIterature Review. Research Journal of Business Management, 5(3), 91–100. https://doi.org/10.3923/rjbm.2011.91.100
Ma, M. S. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai : Studi di Perusahaan Daerah Pasar Tohaga Kabupaten Bogor. 66, 241–249.
Mafini, C., & Dlodlo, N. (2014). The relationship between extrinsic motivation, job satisfaction and life satisfaction amongst employees in a public organisation. SA Journal of Industrial Psychology, 40(1), 1–13. https://doi.org/10.4102/sajip.v40i1.1166
Nasution, Y. (2017). Kepuasan Kerja Karyawan Pada Cv. Mitra Boga Tama. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 107. https://doi.org/10.21009/jppp.011.15
Nyoman, N., Anindya, I., Ariana, N., Putra, A. M., Pariwisata, D. I. V, Pariwisata, F., Udayana, U., Goris, J. R., & Denpasar, N. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan the legian bali hotel. 1(1).
Pawirosumarto, S., Sarjana, P. K., & Gunawan, R. (2017). The effect of work environment, leadership style, and organizational culture towards job satisfaction and its implication towards employee performance in Parador hotels and resorts, Indonesia. International Journal of Law and Management, 59(6), 1337–1358. https://doi.org/10.1108/IJLMA-10-2016-0085
Pramiana, O. (2018). Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan Administrasi Pt Bpr Pahalapakto. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 3(2), 1–13. https://doi.org/10.34203/jimfe.v3i2.642
Prihono, Budiartha, I. K., & Astika, I. B. P. (2016). Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi dan Spiritualitas pada Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(7), 2063–2090. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/14472
Relawati, R., Ariadi, B. Y., & Harpowo. (2019). Positioning Produk Baru dari Kampus: Preferensi Konsumen dan Willingness to Pay Produk UMM Bakery. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pertanian IX Tahun 2019, 122–126.
Rutherford, B. N., Boles, J. S., & Ambrose, S. C. (2019). Reconceptualizing the measurement of multidimensional salesperson job satisfaction. Journal of Personal Selling and Sales Management, 39(3), 287–298. https://doi.org/10.1080/08853134.2019.1601018
Setyawan, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Fabrikasi Lepas Pantai Di Batam Dan. Journal of Accounting & Management Innovation, Volume 2(Nomor 1), 67–89.
Supriyadi, N. Y., & Sarino, A. (2019). Kunci untuk meningkatkan kinerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 55. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14955
Sutoyo. (2016). Pengaruh beban kerja, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada dinas bina marga propinsi sulawesi tengah. Administrasi Bisnis, 4(3), 698–712. https://media.neliti.com/media/publications/157073-ID-pengaruh-beban-kerja-lingkungan-kerja-da.pdf
ulfah, vovi tridian. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja. 2(1), 123–134. https://doi.org/10.31227/osf.io/wczd8
Wen, J., Huang, S. (Sam), & Hou, P. (2019). Emotional intelligence, emotional labor, perceived organizational support, and job satisfaction: A moderated mediation model. International Journal of Hospitality Management, 81(January), 120–130. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2019.01.009
Wicaksono, A. S., & Nurhanisah, N. (2018). Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Kerja Dan Cara Mengekspresikan Tingkat Kepuasan Kerja Yang Rendah Pada Karyawan Dengan Masa Kerja Di Atas Tiga Puluh Tahun. MATRIK (Jurnal Manajemen Dan Teknik), 11(1), 32. https://doi.org/10.30587/matrik.v11i1.388
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business agree to the following terms:
- For all articles published in Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.