Implementasi Kepedulian Lingkungan dalam Pembelian Makanan Kemasan
DOI:
https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol3.No2.58-65Keywords:
Green Consumers, Environmental Concern, Urban SocietiesAbstract
Green consumers muncul sebagai bentuk dukungan konsumen terhadap lingkungan atas kegiatan konsumsi yang dilakukan. Tujuan penelitian yakni mengidentifikasi sikap konsumen, pilihan kemasan dan perilaku pasca konsumsi dalam pembelian makanan kemasan antar masyarakat pedesaan dan perkotaan. Pengumpulan data dilakukan di wilayah Desa Sidodadi Kecamatan Ngantang dan Kelurahan Tunggulwulung Kecamatan Lowokwaru dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Sebanyak 80 responden yang memenuhi kriteria (purposive sampling) digunakan dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan kedua wilayah menunjukkan respon positif terhadap lingkungan. Responden sadar dan paham bahwa kegiatan konsumsi secara tidak langsung akan mempengaruhi lingkungan. Kondisi demikian berarti penerapan ekonomi lingkungan dalam kegiatan ekonomi dapat menjadi solusi untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan. Penerapan green consumers dapat menjadi salah satu cara konsumen dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Tindakan tersebut perlu ditunjang oleh produsen hingga pemerintah mulai dari pengembangan produk ramah lingkungan hingga minimisasi limbah.Downloads
References
Berty, T. T. S. (2019, July). 5 Negara Penghasil Limbah Plastik Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia. Liputan6, p. 1. Retrieved from https://www.liputan6.com/global/read/4013236/5-negara-penghasil-limbah-plastik-terbanyak-di-dunia-ada-indonesia Best, J. W. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Departemen_Kesehatan_RI. (2009). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2009. Retrieved December 30, 2019, from https://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2009.pdf Dongoran, H. S., Harahap, R. H., & Tarigan, U. (2018). Implementasi Peraturan Walikota Medan tentang Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Kebersihan dan Bank Sampah. Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 47–67. Retrieved from https://doaj.org/article/671f732561f742abae5f12de16de6bf4 Hair, J. F. (2006). Multivariate Data Analysis (5th ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hart, T., Capps, A. D., & Bauer, M. (2010). Nonprofit Guide to Going Green. New Jersey: John Willey & Sons, Inc. Ibrahim, J. T. (2015). Sosiologi Pedesaan (Pertama). Malang: UMM Press. Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. (P. Christian, Ed.) (I). Yogyakarta: CV Andi Offset. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=hA6CCwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kemasan+pdf&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjDnLzSpbrmAhWTbn0KHWiHDM0Q6AEIKTAA#v=onepage&q=kemasan pdf&f=false Lin, J., Yan, T., Xu, X., & Jiang, Z. (2014). Advanced Research on Material Science, Environment Science and Computer. Hangzhou: Trans Tech Publications Ltd. Morel, M., & Kwakye, F. (2012). Green marketing : Consumers ’ Attitudes towards Eco-friendly Products and Purchase Intention in the Fast Moving Consumer Goods ( FMCG ) sector . UMEA School of Business. Mufarida, B. (2019, July). KLHK Sebut Indonesia Darurat Sampah Plastik. SINDONews, p. 1. Retrieved from https://nasional.sindonews.com/read/1424598/15/klhk-sebut-indonesia-darurat-sampah-plastik-1564311286 Peattie, K. (1992). Green marketing. London: Pitman Publishing. Prabowo, D. (2018, September 28). Sampah, Persoalan Perilaku. Kompas. Retrieved from https://kilaskementerian.kompas.com/kementan/read/2018/09/28/180000821/sampah-persoalan-perilaku Purnomo, R., Herawati, L., & Amri, C. (2017). Penggunaan Tempat Sampah Bermotif Terhadap Perilaku Buang Ssampah pada Tempatnya di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Argomulyo, Sedayu, Bantul. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(3). Retrieved from http://journalsanitasi.keslingjogja.net/index.php/sanitasi/article/view/16 Ramesia.com. (2019, March). 10 Fakta Kemasan Makanan yang Wajib Anda Ketahui. Retrieved October 27, 2019, from https://ramesia.com/kemasan-makanan/ Ruwani, A., Retnaningsih, & Simanjuntak, M. (2014). Nilai dan Tipe Konsumen Rumah Tangga dan Kaitannya dengan Perilaku Pembelian Produk Makanan Kemasan. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(1), 48–57. Retrieved from http://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/9996/7816 Setiawan, S. R. D. (2019, January). Perilaku Masyarakat Gunakan Kantong Plastik Dipandang Harus Berubah. Kompas.Com, p. 1. Retrieved from https://malang.kompas.com/read/2019/01/03/225005826/perilaku-masyarakat-gunakan-kantong-plastik-dipandang-harus-berubah Setiyawidi, R., Hartono, G., & Maria. (2013). Potret Perilaku Konsumen Sayuran di Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Agric, 25(1), 26–33. Shamdasani, P., Chon-Lin, G. O., & Richmond, D. (1993). Exploring Green Consumers in an Oriental Culture_ Role of Personal and Marketing Mix Factors by Prem Shamdasani, Gloria Ong Chon-Lin, and Daleen Richmond. Singapore: Advances in Consumer Research. Singh, D. P., Kothari, R., & Tyagi, V. V. (2019). Emerging Energy Alternatives for Sustainable Environment. Boca Raton: CRC Press. Sukarelawati, E. (2019, February 4). Malang Darurat Sampah. Antara News. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/794905/malang-darurat-sampah Sulistianingsih, D. (2015). Pemahaman Masyarakat terhadap Bahaya Penyalahgunaan Pemakaian Kemasan Produk Makanan dan Penegakan Hukumnya. Jurnal Litigasi, 16(1), 2610–2657. Suryawan, I. G. P. A., Kencanawati, C. I. P. K., & Widiyarta, I. M. (2015). Meningkatkan Pendapatan Masyarakat dengan Mesin Pencacah Sampah Plastik. Jurnal Energi Dan Manufajtur, 8(1). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/14230 Suwerda, B., Sudibiyakto, S., & Kurniawan, A. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Mengelola Sampah Berbasis Bank Sampah di Kabupaten Bantul. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(3), 100–104. Retrieved from https://doaj.org/article/0deb2b558d8448bab572e31c359f70f2 Tamam, B. (2016). Peningkatan Ecoliteracy siswa sebagai Green Consumer melalui Pemanfaatan Kemasan Produk Konsumsi dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 227–238. Retrieved from https://doaj.org/article/11e177a8b64f413289d0cd1743cf106b Utami, R. D., Gunarsih, T., & Aryanti, T. (2014). Pengaruh Pengetahuan, Kepedulian dan Sikap pada Lingkungan Terhadap Minat Pembelian Green Product. Jurnal Media Trend, 9(2), 151–161. Wahyuni, N., Muhammad, G., & Rahmadi, A. (2018). Pengaruh Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesuburan dan Produktivitas Tanah di Kawasan Cimencrang. Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/9311/1/paper ktapdf Nining Wa.pdf Waskito, J., & Harsono, M. (2012). Green Consumers: Deskripsi Tingkat Kesadaran dan Kepedulian Masyarakat Joglosemar Terhadap Kelestarian Lingkungan. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1), 29–39. Wei, S., Ang, T., & Jancenelle, V. E. (2018). Journal of Retailing and Consumer Services Willingness to pay more for green products : The interplay of consumer characteristics and customer participation. Journal of Retailing and Consumer Services, 45(June), 230–238. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.08.015 Yulia, Y. An., & Untoro, W. (2016). Efek Nilai Konsumsi Terhadap Niat Pembelian Kembali pada Green Product. Jurnal Economia, 12(1), 83–96. Yuswantoro. (2018). Astaga! Saluran Drainase di Kota Malang Jadi Tempat Sampah. SINDONews, p. 1. Retrieved from https://jatim.sindonews.com/read/3938/1/astaga-saluran-drainase-di-kota-malang-jadi-tempat-sampah-1543551071
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business agree to the following terms:
- For all articles published in Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.