Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan Karet PT. Perkebunan Nusantara IX Semarang

Authors

  • Mety Rachmasari Universitas Diponegoro
  • Bambang Mulyatno Setiawan Universitas Diponegoro
  • Siswanto Imam Santoso Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol2.No2.87-94

Keywords:

Kualitas Produk, Karet, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan karet PT Perkebunan Nusantara IX Semarang dan untuk menganalisis besarnya pengaruh harga dan kualitas produk terhadap volume penjualan karet PT Perkebunan Nusantara IX Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk secara serempak dan parsial berpengaruh terhadap volume penjualan. Uji parsial menunjukkan bahwa variabel harga mempunyai pengaruh lebih besar dibanding dengan kualitas produk.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mety Rachmasari, Universitas Diponegoro

Fakultas Peternakan dan Pertanian

Departemen Pertanian

S1 Agribisnis

References

Badan Penelitian Teknologi Karet. 2000. Jok Sebutret, Produk Alternatif yang Prospektif. Pemda, Bogor.

Daryono. 2011. Manajemen Pemasaran. CV Yrama Widya, Bandung

Ismayanti, D. 2016. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Industri Kerupuk Singkong Di Desa Bamban Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 2 (1): 56-64.

Partina, R., S. B. Wibowo, dan N. W. Sulistyowati. 2017. Pengaruh Harga dan Produk Terhadap Volume Penjualan Kabupaten Magetan Tahun 2012-2016. Jurnal Pendidikan Akuntansi V (1) : 203-223.

Pristyo, M. 2013. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Eka Jaya Di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan 1 (1): 27-37.

Rudianto. 2000. Akuntansi Manajemen: Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. PT Grasindo, Jakarta.

Slamet, F., H. K. Tunjungsari dan L. Mei. 2016. Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik. Indeks, Jakarta.

Swastha, B. 2004. Azas-azas Marketing. Liberty, Yogyakarta.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. PT Raja

Downloads

Published

2020-02-25

How to Cite

Rachmasari, M., Setiawan, B. M., & Santoso, S. I. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan Karet PT. Perkebunan Nusantara IX Semarang. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 2(2), 87–94. https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol2.No2.87-94

Issue

Section

Articles