Analisis Faktor Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Banaran 9 di Coffee and Tea Colomadu
DOI:
https://doi.org/10.22219/agriecobis.Vol2.No1.47-57Keywords:
Analisis Faktor, Bauran Pemasaran, Factor Loading, Kedai Kopi, Keputusan Pembelian, KopiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen serta variabel yang paling dipertimbangkan dalam pembelian produk minuman kopi pada Banaran 9 Coffee and Tea Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 22 variabel. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif dan analitis. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dan jumlah sampel ditetapkan lima kali jumlah variabel. Dengan demikian, penelitian ini mengambil sampel yang digunakan sebanyak 110 orang Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 22 variabel dan tercakup dalam tujuh faktor utama yang membentuk keputusan pembelian. Faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor produk 24,042%; faktor promosi 10,507%; faktor proses 9,913; faktor orang 8,845%; faktor bukti fisik 5,815%; faktor tempat 5,815% dan faktor harga 4,916%. Sedangkan variabel yang paling dipertimbangkan dengan melihat nilai factor loading tertinggi yaitu variabel rasa dengan nilai factor loading 0,929.
Downloads
References
Antinah. 2010. Komunikasi dari Mulut ke Mulut Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Cipaganti Shuttle service Trayek Bandung: Jakarta Cabang Dipatiukur di PT. Cipaganti Citra Graha Bandung. [Skripsi]. Bandung: UNIKOM.
Azwar, S. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Cetakan.9. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herlyana, E. 2012. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Kaum Muda. Thaqafiyyat.13(1).
Heryanto, I dan Totok. 2018. Path Analysis Menggunakan SPSS dan Execl. Bandung : Penerbit Informatika Bandung.
International Coffee Organization (ICO). 2017. Exports of Coffee by Exporting Countries. http://www.ico.org. Diakses pada 20 Oktober 2018
Kurniawan, A dan Muhammad, R. 2017. Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA. 32(1).
Lovelock, et al. 2011. Pemasaran Jasa.edisi 7. Erlangga: Jakarta
Malhotra, N. 2004. Marketing Research and Applied Orientation Fourth Edition. USA: Prentice Hall International.
Praza, R. 2017. Dentifikasi Saluran Pemasaran Kopi Arabika Gayo pada CV.Gayo Mandiri Coffee Kabupaten Bener Meriah. Jurnal AGRIFO. 2(1).
Rahayu, et al. 2015. Marketing Mix Analysis Of Natural Tourism Area 'Kawah Putih’ And Its Effect On Visitors’ Decision. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship.1(2).
Suisa, K dan Febrilia, V. 2014. Gaya Hidup Minum Kopi Konsumen Di The Coffee Bean & Tea Leaf Plasa Tunjungan Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. 2(2).
Suprayitno, et al. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Jurnal Agribisnis. 9(2).
Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business agree to the following terms:
- For all articles published in Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.