Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar

Authors

  • Syahrudin Syahrudin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i4.10294

Keywords:

Learning achievement, Peer social support, Self-efficacy

Abstract

Learning achievement is influenced by several factors such as internal factors or external factors. The purpose of this study is to determine the effect of self-efficacy and social support of peers on learning achievement simultaneously or together. The sampling technique uses simple random sampling in one of the existing SMA N in Woha District, Bima Regency, West Nusa Tenggara. The subjects in this study were 150 high school students in class X. The method of data collection in this study uses a scale of self-efficacy and social support of peers and reporr cards. The results of the multiple regression test analysis showed that self-efficacy and social support of peers simultaneously or simultaneously affect the learning achievement with an influence contribution of 25,0%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Citra.

Alauddin, N. (2017). Hubungan Hasil Tes Bakat Numerikal dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1 (1), 303-312.

Astriyani, Triyono, & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3 (6).

Andriana, I. & Leonard. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Proseding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, ISSN 2581-08.

Aspari, B., Adi, W., & Octaria, D. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal. Jupe UNS, 3 (1).

Anisa, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Aprilianto, R. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Peneltian Pendidikan, 1 (13).

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi Cetakan. UMM Press.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Awalia, M., R. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Kedokteran.

Azar, H., K., Malahmadi, L., & Amani, J. (2010). The Role Of Self-Efficacy, Task Value, and Achievement Goals In Predicting Learning Approaches and Mathematics Achievment. Procedia Social and Behavioral Sciences, 5, 942-947.

Azwar, S. (2015). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar & Saifuddin. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Bambang, Prasetyo & Lina, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafino Persada.

Bimantara, W. (2017). Hubungan Sikap dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Bloom, B. S. (1956). Taxanomy of Educational Objektives: The Classification Goals. New York: Longmans Greend and Co.

Boakye, N. A. N. Y. (2015). The Relationship Between Self-Efficacy and Reading Proficiency Offirst-year Student: an Exploratory Study. Jurnal Unit for Academic Litercy. University of Pretoria South Africa.

Cohen, S. & Syne, S. I. (1985). Social Support and Health. London: Academic Press Inc.

Cirik, I. (2015). Relationships Between Social Support, Motivation, and Science Achievement: Structural Equation Modeling. Jurnal Anthropologist, 20 (1,2), 232-242.

Cristiani, P. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10 (1).

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dirgantoro, R. (2015). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMK Saraswati Jurusan Multimedia Salatiga. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Djumransjah. (2006). Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

Djamarah, S. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efendi, S. H., Suhartadi, S. & Yoto. (2016). Hubungan Antara Berfikir Kreatif dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 5 (3).

Ernawati, S. (2017). Pengaruh Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA. Matholiul Anwar Lamongan. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Feist, J. & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Humanika.

Fitria, R., D. (2017). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung.

Goulao, M. D. F. (2014). The Relationship Between Self-Efficacy and Academic Achievment in Adults Learners. Jurnal of Education, 1 (3).

Gustian, E. (2002). Menangani Anak Underachiver: Anak Cerdas dengan Prestasi Rendah. Jakarta: Puspa Swara.

Hafzan, A., Nasirah, A, A. Dkk. (2015). The Role Of Learning Approaches as Mediator Between Peer Social Support and Self-Regulated Learning Among Engineering Undergraduates. Asian Social Science, 11 (17).

Haris, R., Wardan, K., Dkk. (2016). Pengaruh Efikasi Diri dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanapi, I. & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Efficacy Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal RAP UNP, 9 (1), 37-45.

Hariyanto & Suryono. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hilmi, M., S. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMKN II Malang. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

House, J. & Khan, R. L. (1985). Measures and Concept of Social Support. London: Academic Press Inc.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Irmawati, D. (2010). Hubungan Gangguan Pendengaran dengan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Juneti, Bebasari, E. & Nukman, E. (2015). Gambaran Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gangguan Tajam Penglihatan Pada Anak Sekolah Dasar Kelas V dan Kelas VI di SDN 017 Bukit Raya Pekanbaru tahun 2014. Jurnal JOM FK, 2 (2).

Kail, R. & Cavanaugh, J. C. (2000). Human Development: a Lifespan View. USA: Woodswoth Publishing, Co. 2nd ed.

Kalimatusyaro, M. (2018). Pengaruh Kesehatan Mental, Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Salafuah Bahaudin Taman Sepanajang Sidoarjo. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

King, A. L. (2012). Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Latifah, A. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Efikai Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa kelas IV SD/MI Se-gugus V Kecamatan Wates, Kab. Kulonprogo Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Luz, F. S. D. (2015). The Relationship Between Teacher and Student in The Classroom: Communicativen Language Teaching Approach and Cooperative Learning Strategy to Improve Learning. Thesis Master of Arts in Teaching. Bridgewater State University.

Mawantu, S., P. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntansi Keuangan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Maulana, I. (2018). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Musmuliadi & Saefudin, A. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.

Mutiara, A. R. (2018). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Ketapang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Monika, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 (2).

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, S. H., Sulistyaningsih, W. & Hardjo, S. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Program Studi Magister Psikologi, 6 (2), 77-83.

Nugroho, R., S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21 (1), 1-13.

Oktrisani, D. (2017). Pengaruh Efikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Komparatif Siswa Kelas XI IPS dan Lintas Minat Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Wilayah G Di Kota Bandung). Skripsi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Pervin, A. L. & Cervone, D. (2010). Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Kencana.

Pratini, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing.

Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik Pada Siswa SMA “X” Di Surabaya. Tesis Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Putra, E., C. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Student Engagement Siswa SMA Negeri 15 Medan. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara, Medan.

Putra, Z. H. & Sucitra, W. (2015). Hubungan Antara Intelegensi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru. Jurnal JPM IAIN Antasari, 02 (2), 1-18.

Putri, E. M. R. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Flow Akademik Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5 (1).

Puspita, W. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2 (2).

Rahman, U. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri, dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. Jurnal Matematika Dan Pembelajarn, 5 (1).

Rensi & Sugiarti, L. R. (2010). Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Psikologi, 3 (2), 184-153.

Rini, Q. K. Majorsy, U. & Hapsari, R. M. (2015). Hubungan Metakognisi, Efikasi Diri Akademik dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik Sipil), 6.

Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self- Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Geografis di SMA. Jurnal Pendidikan Geografis, 21 (2).

Rodriguez, M, C., Vivass, J. A. & Comesana, L. M. (2017). Perceived Social Support in Middle School Students. Jurnal International Review of Social Sciences 5 (1), 2309-0081.

Roberts, A. & Gilbert, J. (2009). Buku Pintar Pekerja Sosial. Jilid 2. Jakarta: Gunung Mulia.

Rusyan, T. (1994). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan Educational Psychology. Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J. W. (2011) Life Span Development perkembangan masa hidup. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Saputra, Y. D. (2017). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 5 (1), 2337-7674.

Saputro, M., Ardiawan, Y. & Fitriawan, D. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak). Jurnal Pendidikan dan Sains. 4 (2).

Sarafino, E. P. (1994). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Second Edition. United States of America. Jhon Willey & Sons, Inc. 102-103.

Seta, I. F. (2014). Korelasi Antara Hubungan Sosial dan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Sihaloho, L., Dkk. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4 (1).

Sivandani, A., Koohbanani, S. E., & Vahidi, T. (2013). The Relation Between Sosial Support and Self-Efficacy with Social Achievment and School Satisfaction Among Famale Junior High School Student in Birjan. Social and Behavioral Sciences, 84, 668-673.

Situmorang, Z., R. & Latifah, M. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Strategi Pengaturan Diri Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling, 7 (3), 153-163.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Direka Cipta.

Syamsinar. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X SMKN 4 Gowa. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makasar.

Suharti., Darwis, M., & Anas, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se-Kecamatan Manggal Di kota Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3 (1).

Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonnomi UNIKU. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15 (2).

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2011). Metode Petelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sufirmansyah. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI STAIN Kediri Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Didaktika Religia, 3 (2).

Sunaryo, K. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: Depdikbud.

Wibowo, M. W. & Susanto, D. Y. (2014). Dinamika Dukungan Sosial pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar Pendekatan Berbasis Indigenous Psychology. Jurnal psikologi Tabularasa, 9 (1).

Wijayanto, N. S. (2014). Hubungan Antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Studi Korelasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Arga Makmur.

Witleni, M., Risdawati, R., & Megahati. (2015). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa IPA Di SMA N 1 Sari Baganti Kabaputen Pesisir Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.

Yoenanto, N. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP di Surabaya. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Yulianda, M., & Sofyan, R. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Teman Sebaya Terhadap Prokratinasi Akademik dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 1 (2).

Zahra, Y. (2015). Pengaruh Teman Sebaya, Efikasi Diri, dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik Remaja di Wilayah Pedesaan. Skripsi, Depertemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

https://www.lombokpost.net/2018/05/04/hasil-ujian-nasional-sma-smk-di-ntb-anjlok/

https://news.detik.com/berita/d-4007023/nilai-un-sma-turun-wakil-ketua-dpr-minta-evaluasi

(https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/08/20070771/ini-2-faktor-penyebab-nilai-un-sma-menurun

Downloads

Published

2019-12-02

How to Cite

Syahrudin, S. (2019). Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar . Cognicia, 7(4), 507–526. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i4.10294

Issue

Section

Articles