KECERDASAN EMOSI PADA SISWA YANG BERMASALAH DI SEKOLAH

Authors

  • Amalia Rachmawati

DOI:

https://doi.org/10.22219/cognicia.v1i2.1644

Abstract

Salah satu indikasi siswa bermasalah adalah berkaitan dengan kecerdasan emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosi pada siswa yang bermasalah di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala kecerdasan emosi dan kuesioner untuk mengidentifikasi masalah siswa. Jumlah subjek sebanyak 120 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa dengan masalah membolos, kesulitan belajar pada bidang tertentu, bertengkar dan berkelahi dengan teman sekolah, mencontek, tidak mengerjakan tugas, dan minum-minuman keras tahap awal (ringan) memiliki kecerdasan emosi tinggi, pada siswa dengan masalah berkelahi antar sekolah, kesulitan belajar karena gangguan dikeluarga, minum-minuman keras tahap pertengahan, mencuri, dan melakukan tindak asusila (sedang) memiliki kecerdasan emosi rendah, dan pada siswa dengan masalah kecanduan alkohol, penyalahgunaan narkotika, melakukan tindak kriminalitas, percobaan bunuh diri, dan perkelahian dengan senjata tajam atau senjata api (berat) memiliki kecerdasan emosi rendah.

Kata kunci: Kecerdasan emosi, siswa bermasalah, sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Rachmawati, A. (2024). KECERDASAN EMOSI PADA SISWA YANG BERMASALAH DI SEKOLAH. Cognicia, 1(2). https://doi.org/10.22219/cognicia.v1i2.1644

Issue

Section

Articles