PROFIL KEPRIBADIAN PELAKU BULLYING
DOI:
https://doi.org/10.22219/cognicia.v1i2.1658Abstract
Kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini telah melibatkan siswa baik sebagai pelaku maupun korbannya. Kekerasan yang terjadi dapat berakibat tidak baik pada pelaku maupun korban. Kenyataan tidak semua remaja berposisi sebagai pelaku bullying. Hal ini menjadi landasan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memahami profil kepribadian pelaku bullying didasarkan pada need yang berkembang pada pelaku. Subjek penelitian adalah siswa yang merupakan pelaku bullying dengan rentang usia antara 15-19 tahun dengan teknik purposive dan didapatkan 12 remaja. Identifikasi need subjek dengan menggunakan EPPS (Edward Personal Preference Schedule). Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor need pelaku bullying secara berurutan didominasi oleh Need order (58,33%) Need Nurture (58,33%) serta Need Heterosexual (91,67%) yang tergolong ekstrim rendah. Begitu juga dengan pelaku yang didominasi oleh laki yakni 75%, sedangkan perempuan 25%. Selain itu hasil penelitian didapat bahwa ada perbedaan antara pelaku laki-laki dan perempuan dimana pelaku laki-laki cakupannya lebih luas dibandingkan perempuan dalam hal tempat kejadian, modus, serta karakteristik korban yang akan dijadikan sebagai target bullying.Kata kunci: Profil kepribadian, bullying
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 1970 M. Alfian Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Cognicia agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Cognicia, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License