SELF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PERKULIAHAN

Authors

  • Mellysha Mugista A Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/cognicia.v2i2.2016

Abstract

Perilaku prokrastinasi merupakan kecenderungan menunda dan menghindari suatu tugas yang dilakukan secara berulang-ulang dan dalam keadaan sadar yang dilakukan oleh seseorang karena kurang adanya kontrol diri, akibatnya banyak tugas yang terbengkalai dan tidak terselesaikan secara maksimal hingga tak jarang berakibat pada tertundanya perolehan gelar kesarjanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self control dengan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang berjumlah 243 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample yang diambil diambil dengan teknik non random sampling. Penelitian ini menggunakan skala Self Control dan Tuckman Procrastination Scale (TPS). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan (r = -0,625;sig= 0,000 < 0,01) antara tingkat Self control dengan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Semakin tinggi self control pada mahasiswa, maka semakin rendah perilaku prokrastinasi. sebaliknya semakin rendah self control yang ada pada diri  mahasiswa, maka semakin tinggi pula perilaku prokrastinasi. Sumbangan efektif dari penelitian ini sebesar 39,0%.

 

Kata kunci: Self control, perilaku prokrastinasi

 

Procrastination behavior has been understood as one’s inclination to postpone and probably even avoid one’s assignments repeatedly. The consequences were clear as the assignments were neglected and not succesfully accomplished. The worst consequences for university students especially was their graduation might be achieved much later than usual. This study aimed to find any correlation between self control and procrastionation behavior among university students. The subjects were 243 students of Department of Psychology of the University of Muhammadiyah Malang. They were non-randomly recruited by purposive sampling technique. Self Control Scale and Tuckman Procrastination Scale (TPS) were used to obtain data, which then were analyzed by using product moment correlation analysis technique. The findings revealed that there was a significant negative correlation (r= -0.625; sig= 0.000 < 0.01) between the level of self control and procrastination behavior among the subjects. The higher the university students’ self control, the lower their inclination for procrastination  behavior.

 

Keywords: Self control, procrastination behavior

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

A, M. M. (2024). SELF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PERKULIAHAN. Cognicia, 2(2). https://doi.org/10.22219/cognicia.v2i2.2016

Issue

Section

Articles