TERAPI BERMAIN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM HAL AKADEMIK PADA ANAK

Authors

  • Ahmad Jalaluddin Basyar

DOI:

https://doi.org/10.22219/cognicia.v3i1.2147

Abstract

Masa anak-anak adalah masa untuk belajar, bermain dan meniru aktivitas yang ada dalam lingkungannya. Anak-anak seharusnya memiliki keterampilan sosial yang berkembang baik dalam aktivitas sehari-hari. Keterampilan sosial dalam hal akademik adalah salah satu keterampilan sosial yang penting bagi anak-anak. Anak-anak yang memiliki keterampilan sosial dalam hal akademik yang rendah akan mempengaruhi prestasi akademik disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terapi bermain sosial mampu meningkatkan keterampilan sosial dalam hal akademik. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental design single case. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang dengan keterampilan sosial dalam hal akademik yang rendah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisa data menggunakan analisa grafik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain sosial mampu meningkatkan keterampilan sosial dalam hal akademik pada anak.

Kata kunci: Terapi bermain sosial, keterampilan sosial.

Childhood is a time to learn , play and copying the activity present in the environment. Children should have a well-developed social skills in everyday activities . Social skills in terms of academic success is one of the important social skills for children . Children who have social skills in terms of academic success are low will affect academic achievement in school . The purpose of this study was to determine whether social play therapy can improve social skills in terms of academic success . This type of research is a single case experimental design . The subjects in this study amounted to 2 people with social skills in terms of low academic . Methods of data collection using observation and interviews . Analyze data using descriptive graphic analysis . The results showed that social play therapy can improve social skills in terms of academic success in children.

Keywords: Social play therapy, social skills

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Basyar, A. J. (2024). TERAPI BERMAIN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM HAL AKADEMIK PADA ANAK. Cognicia, 3(1). https://doi.org/10.22219/cognicia.v3i1.2147

Issue

Section

Articles