KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK-PRODUK KOPI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN EDUWISATA PADA MASYARAKAT DESA DONOWARIH KABUPATEN MALANG

Authors

  • Novin Farid SW Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arum M Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v16i1.10738

Keywords:

Pengembangan usaha, kopi, komunikasi pemasaran

Abstract

Desa Donowarih merupakan desa dengan potensi kopi yang sangat melimpah, hanya saja potensi tersebut belum dikelola secara optimal, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan inovasi dan nilai tambah dari potensi yang ada. Selain itu letak desa Donowarih sangat strategis yang berbatasan langsung dengan Kota Wisata Batu sehingga menjadi peluang yang bagus untuk menjadikan desa ini menjadi area wisata. Pengabdian ini dimaksudkan sebagai upaya melatih masyarakat dalam pendampingan produksi, pemasaran dan pengelolaan wisata edukasi berbasis kopi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat desa Donowarih. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yakni pelatihan pengemasan produk kopi, pelatihan penggunaan pulper untuk petani, pelatihan komunikasi pemasaran kopi, keikutsertaan di pameran kopi dan penyelenggaraan event kopi di Donowarih yang sukses mendatangkan pengunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-31

Issue

Section

Articles