KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK-PRODUK KOPI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN EDUWISATA PADA MASYARAKAT DESA DONOWARIH KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v16i1.10738Keywords:
Pengembangan usaha, kopi, komunikasi pemasaranAbstract
Desa Donowarih merupakan desa dengan potensi kopi yang sangat melimpah, hanya saja potensi tersebut belum dikelola secara optimal, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan inovasi dan nilai tambah dari potensi yang ada. Selain itu letak desa Donowarih sangat strategis yang berbatasan langsung dengan Kota Wisata Batu sehingga menjadi peluang yang bagus untuk menjadikan desa ini menjadi area wisata. Pengabdian ini dimaksudkan sebagai upaya melatih masyarakat dalam pendampingan produksi, pemasaran dan pengelolaan wisata edukasi berbasis kopi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat desa Donowarih. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yakni pelatihan pengemasan produk kopi, pelatihan penggunaan pulper untuk petani, pelatihan komunikasi pemasaran kopi, keikutsertaan di pameran kopi dan penyelenggaraan event kopi di Donowarih yang sukses mendatangkan pengunjung.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-05-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.