NILAI KETANGGUHAN DAN BENTUK STRUKTUR MIKRO DARI PERUBAHAN KUAT ARUS PENGELASAN PIPA SPIRAL

Main Article Content

Nur Subeki

Abstract

Las SAW merupakan bentuk pengelasan yang banyak digunakan untuk fabrikasi pipa, misalnya pipa spiral. Luasnya pemakaian las SAW disebabkan karena pengelasan dapat dilakukan secara otomatis dan memiliki keandalan yang tinggi. Ketangguhan las dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya masukan panas, kuat arus, filler dan fluks, kecepatan las dan laju pendinginan.

Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan  untuk mendapatkan struktur mikro berupa ferit acicular yang dapat memberikan kekuatan tinggi dan nilai kekerasan yang rendah dari sambungan las. Hal ini dilakukan dengan membuat variasi  heat input pada pengelasan.

 Percobaan dilakukan menggunakan bahan Baja API 5L X-52 dengan variasi kuat arues pada arus DC 800 Amper, 825 Amper, 850 Amper, 875 Amper and 900 Amper pada pengelasan pipa spiral di bagian luar, dengan kecepatan pengelasan 13,67 mm/s dan Tegangan 35 volt. Pengujian meliputi pengamatan mikro struktur dan ketangguhan.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan kuat arus dapat meningkatkan jumlah presentase ferit acikular dan meningkatkan nilai ketangguhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Journal