PARTISIPASI MASYARAKAT SUB URBAN DALAM PEMBANGUNAN KOTA MALANG

Authors

  • Rahmad Pulung Sudibyo

Keywords:

Masyarakat Sub Urban, Pembangunan Kota, umm

Abstract

Dalam menyelenggarakan Otonomi Daerah ini diperlukan untuk menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, peran serta masyarakat, pemerataan dan keadilan serta memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah.  Oleh karena itu partisipasi dan inisiatif masyarakat dalam pembangunan diperlukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dan mengidentifikasi potensi dan keanekaragaman lokal.

Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan, Perawatan dan keberlangsungan program sesuai dengan kebutuhan dasar hidup bersama serta partisipasi pemerintah kelurahan, LPMK dan organisasi lainnya. Metode Penelitian ini adalah menggabungkan antara metode RRA dan PRA yang diharapkan mampu menggali informasi yang dibutuhkan sesuai tujuan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam mengidentifikasi permasalahan kehidupan bersamanya dalam komunitas masyarakat perlu ditingkatkan sebagai bentuk pemberdayaan potensi masyarakat. Pembangunan yang merupakan kebutuhan masyarakat akan dapat bertahan lestari dan berkelanjutan karena pembangunan tersebut merupakan kebutuhan masyarakat riel dan bukan program paket yang dipaksakan dari pusat kekuasaan. Keterlibatan tokoh masyarakat dan dukungan pemerintah memberikan motivasi yang tinggi dalam pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Issue

Section

Journal