Hubungan antara Tingkat Partisipasi dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan Mahasiswa Baru UMM tahun 2005/2006
Keywords:
Tingkat Partisipasi, Hasil Belajar, Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan, ummAbstract
Sejak tahun akademik 2004/2005 Universitas Muhammadiyah Malang mewajibkan setiap mahasiswa barunya untuk mengikuti Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK). Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pelatihan tersebut adalah pendekatan pembelajaran orang dewasa dengan metode experiential learning yang berpusat pada pesertanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai bagaimana hubungan antara tingkat partisipasi peserta dalam proses pembelajaran pada P2KK tahun 2005/2006 dengan pencapaian hasil belajarnya. Penelitian ini adalah penelitian korelasional non eksperimen. Variabel tingkat partisipasi diukur melalui observasi dan hasil belajar diukur melalui tes hasil belajar, metode analisis data dengan menggunakan uji statistik teknik uji korelasi Product-Moment dari Pearson.
Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara tingkat partisipasi dengan hasil belajar (r = 0,320; p = 0,000) yang berarti bahwa semakin baik tingkat partisipasi semakin tinggi skor tes yang dicapai oleh peserta pelatihan. Dengan demikian hipotesis diterima.