STUDI PERILAKU PROSES PEMBELAJARAN DEMOKRATIS BERBASIS KESETARAAN DAN KEADILAN GENDER DI SEKOLAH DASAR MUHAM-MADIYAH KOTA MALANG – JAWA TIMUR
Keywords:
Pembelajaran Demokratis, Konstruktivistik, Kesetaraan dan Keadilan Gender, ummAbstract
Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian tahap I yang dilatarbelakangi oleh adanya fenomena perilaku undemokratis dan bias gender yang terjadi di sekolah. Hal ini tercermin pada materi/ buku ajar,metode dan media pembelajaran, alat evaluasi, suasana pembelajaran, sarana dan prasarana serta peran sekolah yang berperan sebagai "agen negara" yang menciptakan hegemoni ke arah kebutuhan dan kepentingan pembangunan termasuk di dalamnya kepentingan melanggengkan budaya gender, yang tercermin dalam proses sosialisasi dan pembelajaran di sekolah.
Penentuan lokasi dan sekolah ditentukan secara purposive, yaitu di SD Muhammadiyah di Kota Malang dengan melibatkan 2 SD yaitu: SD Muham-madiyah 1 Malang dan SD Muhammadiyah IX Malang. Metode penelitian menggunakan pola penelitian tindakan kelas yang bedasarkan prinsip situasional, kontekstual, kolaboratif, self-reflective dan self-evaluative serta fleksibel. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yang dipadukan dengan teknik analisis gender metode Harvard (mencakup aktivitas, akses, par-tisipasi, kesadaran dan kontrol) atas sumber daya yang ada.