ANALISIS KELEMBAGAAN PEMASARAN APEL ORGANIK DI MALANG RAYA

Authors

  • Bambang Yudi Ariadi

Keywords:

Apel organik, lembaga pemasaran, umm

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk:1) Mengetahui daya dukung sumber produksi (petani) apel organik dalam pemasaran di Malang Raya, 2) Mengetahui keterlibatan lembaga pemasaran dalam distribusi apel organik di Malang Raya dan 3) mengetahui tingkat efisiensi pemasaran apel organik di Malang Raya. Responden penelitian adalah petani apel organik dan lembaga pemasaran yang terkait. Pengambilan contoh terhadap petani apel organik dilakukan secara simple random sampling dan terhadap lembaga pemasaran dilakukan melalui snowball sampling. Analisis yang dilakukan adalah deskriptif dan margin pemasaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Daya dukung apel organik dalam skala usahatani cukup besar, hal ini diindikasikan dengan: a) adanya kelembagaan produsen apel organik yang secara rutin melakukan pembinaan; b) pupuk dan obat dibuat dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitarnya dan c) adanya kepastian lembaga pemasaran untuk membeli hasil produksi dengan tingkat harga yang lebih tinggi dari apel anorganik. 2) Tingkat efisiensi pemasaran di kelompok tani 'AKAL' dan 'PALAPA' sama, sementara itu di tingkat pemasar 'Green Earth' lebih efisien dibandingkan dengan 'MBI'.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Issue

Section

Journal