PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PROFESIONAL DI SMA NEGERI 1 KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG
Keywords:
professionalism, academic writing, professional teacherAbstract
PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PROFESIONAL DI SMA NEGERI 1 KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG
Teacher Professionalism Development Through Writing Scientific Papers For Teachers In Professional SMA Negeri 1 Kauman District Tulungagung
Lilies Noorjannah
SMA Negeri I Kauman, Kabupaten Tulungagung
Email: lilies_smansaka@yahoo.com
ABSTRACT
Teacher as professional person has function, role and position, are very important in achieving national education vision for creating Indonesian smart and competitive people. Teacher must develop profession getting dignity. One of teacher’s professional development form is to academic writing. Yet in real situation the teacher’s activities still focus on both vision and mission of education and teaching. While the scientific vision and mission in written forms and publication are often ignored. The research uses qualitative approach with descriptive method it describes the result of the research gained from interview, document analysis, participation observation and focus group discussion. The results of research show that the causes of the teacher’s difficulties in academic writing involve: a) teacher’s low motivation, b) having no sparitime, c) lack of comprehending about the writing technique, d) difficulty of finding out the data, e) not familiar with modern technology, f) not having reference books, g) the existence of the writing services of scientific opus, h) lack of role of MGMP activities in socializing academic writing, and i) lack of socialization from school or educational institution. Based on the research result is recommended to the headmaster in order to do on going workshop, adding the library’s reference books, holding computer training, applying managerial pattern ( reward and punishment), monitoring MGMP activities, lastly doing control and observation of the evaluator’s team activities related to teacher’s work and the ongoing professional development’s team.
Keywords: professionalism, academic writing, professional teacher
ABSTRAK
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan nasional yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Guru harus mengembangkan profesinya sebagai profesi yang bermartabat. Salah satu wujud pengembangan keprofesian guru adalah dengan menulis karya ilmiah,namun kenyataan di lapangan kegiatan guru masih pada visi dan misi pendidikan dan pengajaran sedangkan visi dan misi ilmiah dalam bentuk penulisan dan publikasi ilmiah sering terabaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, observasi partisipasi, dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru SMAN 1 Kauman dalam menulis karya ilmiah meliputi : (a) motivasi guru dalam menulis yang masih rendah, (b) tidak memiliki cukup waktu luang, (c) kurangnya pemahaman tentang teknik penulisan, (d) kesulitan dalam mencari data, (e) gagap teknologi, (f) tidak memiliki buku referensi, (g) maraknya jasa pembuatan karya tulis, (h) kurang berfungsinya kegiatan MGMP dalam menyosialisasikan penulisan karya tulis, (i) kurangnya sosialisasi dari sekolah/lembaga. Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru SMAN 1 Kauman untuk mengembangkan profesionalisme melalui menulis karya tulis ilmiah sebagai salah satu wujud pengembangan profesi adalah dengan jalan : (a) mengikuti pelatihan/ workshop, (b) belajar sendiri, (c) mengikuti lomba/ tes. Berdasarkan hasil penelitian maka direkomendasikan kepada Kepala Sekolah agar melakukan kegiatan workshop secara berkelanjutan, menambah buku referensi perpustakaan, mengadakan pelatihan komputer, menerapkan pola manajerial reward and punishment, melakukan pengendalian dan pemantauan pelaksanaan MGMP dan melakukan pengendalian dan pemantauan kegiatan tim penilai kinerja guru dan tim pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Kata Kunci : Profesionalisme, karya tulis ilmiah, guru profesional