Model Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Akselerasi dalam upaya Optimalisasi Potensi Siswa Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa Tingkat Menengah Pertama
Keywords:
Teacher competence, Optimalisation Gifted Student.Abstract
Model Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Akselerasi dalam upaya Optimalisasi Potensi Siswa Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa Tingkat Menengah Pertama
Model of Teaching Competency Improvement of Teacher acceleration in Optimization efforts of Intelligence / Talent Potential Students in First Intermediate School
Ni’matuzahroh
Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang
Email: nimatuzahroh7@gmail.com
ABSTRACT
This reseach aim to find model of efectiveness teaching competence of accelerated teacher in SMP. Subject is teacher in SMP 1 and 3 Malang. Technical sampling in this reseach use purposive random sampling. Research conducted use observation, interview, FGD and documentation. Analysis data use description analysis. The result show that Student of acceleration class have a cognitive performance and lower in social and emotion performance.It’s make the teacher must know characteristic of acceleration student. This reseach show that student have variatif problem as depresion, much job in class, afraid to make mistake, not interested with teacher in class, difficult to make a job together with freind. This problem made teacher must preapare the best desain instructional to made effective learning in class.The implication of this research is teacher must use variative methode in teaching to made student have good motivation to learning and understanding the charracteristic of student. Teacher must increase learning skill and used Student Centered Learning (SCL) to made learning more effective.
Keywords: Teacher competence, Optimalisation Gifted Student.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model peningkatan kompetensi mengajar guru Akselerasi Tingkat Menengah Pertama (SMP). Subjek ditentukan secara purposive, yaitu Guru-guru Akselerasi di SMP Negeri 1 dan 3 Malang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, FGD, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskripsi kualitatif. Hasil observasi, wawancara, FGD dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dan digunakan sebagai dasar untuk merumuskan model peningkatan kompetensi mengajar guru Akselerasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa akselerasi memiliki kemampuan kognitif yang tinggi, namun memiliki kemampuan sosial dan emosi yang rendah, sehingga penting memahamai karakteristik mereka. Permasalahan yang dialami siswa akselerasi adalah perasaan tertekan dengan banyak tugas, tidak santai, takut membuat kesalahan dan perbedaan karakteristik antar siswa yang terlalu mencolok, acuh ketika ketika guru mengajar di kelas dan sulitnya siswa untuk saling bekerja sama dengan teman dikelas serta sikap egois antar teman. Hal ini membuat guru harus menyiapkan materi dan desain pembelajaran yang menyenangka. Saran guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang variatif agar siswa memiliki motivasi belajar yang baik, menghindari pembelajaran yang ceramah dan monoton serta memahami karakteristik siswa akselerasi.Guru meningkatkan keterampilan mengajar dan memperdalam metode pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning (SCL) agar pembelajaran menjadi leih optimal.
Kata Kunci : Kompetensi Mengajar Guru, Optimalisasi Potensi Siswa Ci/Bi tingkat Menengah Pertama.