Proses Penanaman Nilai Moralitas Siswa (Studi di SMA Negeri 2 Kota Batu)
Keywords:
Process, Moral ValueAbstract
Proses Penanaman Nilai Moralitas Siswa (Studi di SMA Negeri 2 Kota Batu)
Process of Value Morality Students Investment (Study in SMAN 2 Batu)
Synaroch Fatimah
SMA Negeri 2 Malang
Email: synaroch@gmail.com
ABSTRACT
The existence of moral improvement for high school students is very important, whether viewed from the process or its outcome. High school students are success indicator for the moral improvement because they are the accumulation of education from kindergarten up to high school. Five or ten years later they will adorn the path of our nation, Indonesia. Thus, giving a good moral foundation is a necessity to improve moral degradation that happens in Indonesia, as necessity as the process of moral cultivation. The use of qualitative research methods to understand social interactions, reveal feelings, and understand the significance of students’ conditions of morality from the data.Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the planting of moral values of students SMA Negeri 2 Batu includes: first, it’s involves the enforcement of discipline by reining in the desire of students to provide opportunities for them to learn better; second, it’s commit with the whole school in a warmth situation to create willingness of the student to learn more; third, giving an autonomic to the student so they can be responsible for their rational action.
Keyword : Process, Moral Value
ABSTRAK
Keberadaan peningkatan moralitas bagi siswa SMA sangat penting, baik dilihat dari proses maupun hasilnya. Dalam proses pendidikan di Indonesia, siswa SMA merupakan indikator keberhasilan peningkatan moralitas, karena merupakan akumulasi hasil pendidikan mulai dari TK sampai SMA. Lima atau sepuluh tahun berikutnya merekalah yang akan menghiasi perjalanan bangsa Indonesia, sehingga peletakan dasar moral yang baik menjadi suatu keharusan yang lakukan agar bangsa ini tidak semakin terpuruk pada kondisi degradasi moral yang luar biasa, demikian halnya tentang Proses Penanaman Nilai Moralitas Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Penggunaan metode penelitian kwalitatif, untuk memahami interaksi sosial, mengungkap perasaan, serta memahami makna dari kondisi moralitas siswa dibalik data yang tampak.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa proses penanaman nilai moralitas siswa di SMA Negeri 2 Batu mencakup komponen yang pertama melibatkan penegakan disiplin dengan mengekang keinginan siswa sehingga memberi kesempatan pada siswa untuk belajar lebih baik, kedua menghendaki keterikatan dengan seluruh warga sekolah dalam kehangatan sehingga tercipta kerelaan siswa untuk belajar dan ketiga adalah memberikan otonomi sehingga siswa bertanggung jawab atas tindakan yang berdasarkan rasionalnya.
Kata Kunci : Proses, Nilai Moral