MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PADA SEKOLAH UMUM TINGKAT MENENGAH DI KOTA BATU

Authors

  • Iin Hindun

Keywords:

-

Abstract

Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) adalah pendidkkan yang membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan belajar (learning how to learn), menghilangkan pola pikir dan kebiasaan yang tidak tepat (learning to unlearn),menyadari dan mensyukuri potensi diri untuk di kembangkan dan di amalkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Penelitian ini dilakukan di SMU, (3) baik negri/swasta yang berada di wilayah Kata Batu Malang Raya. Hasil Penelitian ini menunjukan Bahwa: (1) tanggapan guru terhadap PKH dan kepentinganya dalam merealisasikan PKH bervariasi, (2) implementasi PKH pada bidang studi IPA meliputi (a) kecakapan akan kesadaran diri (b) kecakapan berfikir rasional (c) kecakapan sosial, dan (d) kecakapan akademik. (3) model pengembangan PKH di dua SMU yang di teliti meliputi mencari informasi melalui tugas individu, membaca buku pustaka, mendata fakta, pretes dan penguatan, mengidentifikasikan masalah dari lingkungan ,pemberian tugas kelompok dengan melibatkan fakta dan kajian pustaka, praktikum,diskusi kelompok, melakukan pengamatan kelompok, membuat simpulan dalam laporan, melakukan percobaan, mengukur resiko dari suatu kerja kelompok, melaksanakan penelitian, melaksanakan percobaan dalam kelompok, dan menganalisis tugas dalam kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-05-07

Issue

Section

Journal