IMPLEMENTASI PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM MENCIPTAKAN MANFAAT BERSAMA (CREATING SHARE VALUE)

Authors

  • Gina Harventy Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jaa.v3i1.11161

Keywords:

Creating Share Value, Corporate Social Responsibility, Nestle Indonesia

Abstract

 

Creating Shared Value(CSV) adalah sebuah konsep dalam strategi bisnis yang menekankan pada pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan. CSV merupakan pengembangan dari konsep CSR. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan program Tanggung Jawab Sosial yang dilakukan oleh Nestle Indonesia, dalam menciptakan manfaat bersama atau creating share value. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer, yang diperoleh dengan cara studi literatur dan melakukan observasi lapang. Hasil dari penelitian kali ini,dalam implementasinya program CSV Nestle Indonesia diintegrasikan dengan tahapan rantai bisnisnya. Secara tidak langsung menjadi strategi bisnis perusahaan. Perusahaan mencoba untuk menyelaraskan kewajiban tanggung jawab sosialnya dengan strategi bisnis yang akan dicapai oleh perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandler, David, & Wheter, W. B. (2014). Strategic Corporate Social Responsibility: Stakeholders, Globalization, and Sustainable Value Creation (3 rd.). USA: Sage.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih di antara Lima Pendekatan (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Majeure Alternative Management - HEC Paris.

Ghozali, & Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley&Sons, Inc.

Milles, M. ., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia.

Porter, M. E., & Mark R. Kramer. (2011). Creating Shared Value : How to Reinvent Capitalism-and Unleash a Wave of Innovation and Growth. Havard Bussiness Review, 62–77.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Downloads

Published

2020-04-25