APPLICATION OF ACCRUAL-BASED GOVERNMENT ACCOUNTING STANDARDS AND OBTAINING FAIR OPINIONS WITHOUT EXCEPTIONS

Authors

  • Nyimas Wardatul Afiqoh Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.22219/jaa.v3i2.12925

Keywords:

LKPD, Opini WTP, SAP Akrual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perubahan organisasi yang terjadi pada pemerintah Kabupaten Gresik dalam rangka penerapan SAP akrual dan perolehan opini WTP dilihat dari aspek persiapan serta strategi yang dilakukan berdasarkan tahapan moving menurut Lewin (1951). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian studi kasus di bawah paradigma Post-positivis. Hasil penelitian ini antara lain dalam rangka penerapkan SAP akrual pemerintah Kabupaten Gresik telah melakukan berbagai persiapan yang dibuktikan dengan hasil yang diperoleh selama Empat tahun terakhir (Sejak tahun 2015) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selalu mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini WTP ini diperoleh karena Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Gresik telah disajikan secara wajar untuk semua hal yang material sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Untuk mempertahankan perolehan opini tersebut, tantangan yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Gresik semakin kompleks tidak hanya mempersiapkan implementasi SAP dengan basis akrual tetapi juga merencanakan strategi agar terus bertahan untuk mendapatkan opini WTP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiqoh, N. 2019. Pro and Control On Application of PP No 71 of 2010 in Presentation of Accrual Based on Financial Statements (Case Study : Gresik District). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, Vol. 18, Issue 5(February)

Amirya, M. 2011. Pengembangan Sistem Anggaran dan Akuntansi Badan Layanan Umum Universitas Brawijaya. Tesis. Program S2 Akuntansi Universitas Brawijaya. Malang.

Ardiansyah. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Penerapan PP No 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (Studi Kasus pada Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPPN Malang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawiajaya. Malang.

Athukorala, S.L. and B. Reid. 2003. Accrual Budgeting and Accounting in Government and its Relevance for Developing Member Countries. Asian Development Bank. Manila.

Atyanta, R. 2013. Analisis Opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Kabupaten X di Jawa Timur). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.

Buhr, N. 2012. Accrual Accounting By Anglo-American Governments: Motivations, Developments,And Some Tensions Over The Last 30 Years. Accounting History 17(3-4): 287–309.

Burrell, G. and G. Morgan. 1979. Sociological Paradigms and Organisational Analysis: Elements of the Sociology of Corporate Life. Reprinted by Arena, Ashgate Publishing Limited, England.

Chariri, A. 2009. Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. 31 Juli – 1 Agustus 2009. Semarang.

Chua, W. F. 1986. Radical Developments in Accounting Thought. The Accounting Review 61 (4): 601-632.

Connolly, C. dan N. Hyndman. 2006. The Actual Implementation of Accruals Accounting Caveats from A Case Within The UK Public Sector. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 19 (2): 272-290.

Creswell, J. W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Third Edition. Sage Publication Inc. California. Terjemahan A. Fawaid. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Miixed. Cetakan 3. Pustakan Pelajar. Yogyakarta.

Cunningham, J. B dan J. S. Kempling. 2009. Implementing Change in Public Sector Organizations. Management Decision, 47 (2): 330-344.

Damayanti, R. A. 2013. Akuntansi Akrual Dan Penerapannya Di Sektor Publik: Sebuah Agenda Pembaharuan. Dalam Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Konsep, Pemikiran, dan Implementasi Di Indonesia. BPKP. Jakarta. Desember 2013: 1-17.

Darto, M. 2013. Kepemimpinan Transformasional Dalam Konteks Perubahan Organisasi Di Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Borneo Administrator 9(1):239-264.

Faradillah, A. 2013. Analisis Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan (Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnisuniversitas Hasanuddin. Makassar.

Gunawan, R. D, R. R. Suryono, dan I. Purwanto 2010. Anilasa Perubahan Manajemen Dalam Implementasi SI/TI pada Perguruan Tinggi ABC. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010. Juni 19:A1-A6

Guba, E. G. dan Y.S. Lincoln. 1994. Competing paradigms in qualitative research. Handbook of qualitative research. Edisi kedua. 163-194.

Harun, H. dan H.P. Kamase. 2012. Accounting Change and Institutional Capacity: The Case of a Provincial Government in Indonesia. AABFJ 6(2): 35-49.

Hossan, C. 2015. Applicability of Lewin’s Change Management Theory in Australian Local Government. International Journal of Business and Management 10(6):53-65

Ibrahim, P. 2013. Akuntansi Akrual Dan Penerapannya Di Sektor Publik : Telaah Pustaka. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Makassar.

Ichsan, M. 2013. Kajian Variabel-Variabel Kesuksesan Penerapan Basis Akrual Dalam Sistem Akuntansi Pemerintahan. Dalam Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Konsep, Pemikiran, dan Implementasi Di Indonesia. BPKP. Jakarta. Desember 2013: 44-64.

Iman, C. 2008. Evaluasi Strategi Penerpan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Laporan Keuangan Pemerintah Menggunakan Model Kebutuhan Dasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

John, Y. M. and D. Setiawan. 2009. Kiat Memahami Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Di Indonesia. Edisi Pertama. Gramedia. Jakarta.

Jones, G. R. 2001. Organizational Theory Text and Cases. Prenctice Hall International Inc. New Jersey.

Kementerian Dalam Negeri RI. 2014. Modul Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah. Direktorat Jendral Keuangan Daerah. Jakarta.

Khan, A. dan S. Mayes. 2009. Transition to Accrual Accounting, Fiscal Affairs Department. International Monetary Fund.

Kusuma, M. I. Y. dan Fuad. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerapan Akuntansi Akrual Pada Pemerintah. Diponegoro Journal Of Accounting 2 (3): 1-14.

Lewin, K. 1951. Field Theory in Social Science. Harper and Row: New York

Malik, A. dan A. D. Nugroho. 2013. Paradigma Penelitian Sosiologi. Sosiologi Reflektif. 8(1):63-81.

Mutiara, D. 2011. Analisis Lemahnya Kinerja Akuntansi sebagai Upaya Meningkatkan Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kota Kediri. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.

Nasution, A. 2008. Perbaikan Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Era Reformasi. Badan Pemeriksa Keuangan RI. Jakarta.

Nugroho, R. 2014. Public Policy Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi dan Kimia Kebijakan. Edisi kelima. Elek Media Komputindo. Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013. Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah. 3 Desember 2013. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 1425. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2005. Standar Akuntansi Pemerintahan. 13 Juni 2005. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 49. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010. Standar Akuntansi Pemerintahan. 22 Oktober 2010. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 123.

Poerwandari, E.K. 2013. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Edisi ketiga. LPSP3 UI. Depok.

Ridwan. 2012. Strategi Implementasi Sistem Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintahan Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Akuntansi 16 (3): 390-412.

Robbins, S. P dan T. Judge. 2015. Organizational Behavior. Pearson. New Jersey. Terjemahan Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Perilaku Organisasi. Edisi keenambelas. Salemba Empat. Jakarta.

Salim, A. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (Pemikiran Norman K. Denzin dan Egon Guba, dan penerapannya). PT. Tiara Wacana. Yogyakarta.

Sarantakos, S. 1993. Social Research. Macmillan Education Australia Pty Ltd. South Melbourne.

Setioko, B. 2011. Penggunaan Metoda Grounded Theory Dibawah Payung Paradigma PostPositivistik Pada Penelitian Tentang Fenomena Sosial Perkotaan. Modul. 11 (1): 1-6.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Suwanda, D. 2013. Strategi Mendapatkan Opini WTP Laporan Keuangan Pemda. Edisi kedua. PPM Manajemen. Jakarta.

The Fédération des Experts Comptable Européen Public Sector Committee. 2007. Accrual Accounting In The Public Sector. FEE Public Sector Committee. Belgia

Triyuwono, I. 2011. Paradigma Metodologi Penelitian Akuntansi. Journal of Economics Studies. 13 (20): 27-42.

Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004. Pemeriksaan Pengelolaan Dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. 19 Juli 2004 Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 66. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003. Keuangan Negara. 5 April 2003 Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47. Jakarta.

Widjajarso, B. 2008. Penerapan Basis Akrual Pada Akuntansi Pemerintah Indonesia: Sebuah Kajian Pendahuluan. Kajian Terhadap Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual. Deparrtemen Keuangan Republik Indonesia. Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-30