Perhitungan Harga Pokok Produksi Batik Cap dengan Metode Activity Based Costing (ABC)

Authors

  • Jilma Dewi Ayu Ningtyas Politeknik Pusmanu
  • Bayu Wirawan Politeknik Pusmanu

DOI:

https://doi.org/10.22219/jaa.v2i1.7870

Abstract

Usaha batik adalah usaha yang memproduksi output berupa batik. Pekalongan merupakan kota batik yang terdapat industri batik yang menyebar di seluruh kota/kab pekalongan. Usaha batik memproduksi berbagai macam jenis batik, batasan penelitian ini hanya membatasi produk Batik Cap. Menurut fakta yang terjadi dilapangan usaha batik pekalongan masih menggunakan sistem konvensional atau full costing dimana penentuan harga pokok produksi dengan cara mengumpulkan semua pengeluaran yang telah dikeluarkan selama proses produksi berlangsung kemudian membaginya ke jumlah output yang dihasilkan. Padahal sistem biaya konvensional kurang akurat digunakan untuk menghitung harga pokok produksi. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perhitungan harga pokok produksi batik cap berdasarkan activity based costing.

Objek penelitian adalah biaya harga pokok produksi dalam pembuatan batik cap pada Batik Tobal di Pekalongan. Untuk subjek penelitian ini adalah produk batik cap dari usaha Batik Tobal Pekalongan yang beralamat di Jl. Teratai No.24, Klego, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51123. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan mengkaji lebih dalam perhitungan dengan sistem activity based costing dalam menentukan harga pokok produksi pada usaha kerajinan batik Tobal. Metode Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan sistem activity based costing dengan dua tahap

Berdasarkan penelitian dan pembahasanan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penentuan harga pokok produksi batik cap pada Batik Tobal dengan perhitungan menggunakan sistem activity based costing sebesar Rp57.470.900,- untuk jumlah unit yang diproduksi 1400 meter jadi untuk harga pokok produksi batik cap permeternya sebesar Rp 41.051,-. Untuk penentuan harga jual biasanya HPP + 30% keuntungan. Apabila dijual per unit dengan ukuran 2 meter maka harga jualnya sekitar Rp 106.732,- per 2 meter.  Dihitung dari (Rp 41.051 x 2 meter) + (30%*(Rp 41.051 x 2 meter))

Kata kunci : Harga Jual, Harga Pokok Produksi, Batik Cap, Sistem Activity Based Costing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-20