PERBEDAAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DAN WRITE AROUND TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5535

Keywords:

round table, write around, teks cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartka 1-5 Padang yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Round Table. Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartka 1-5 Padang yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Write Around. Ketiga, perbedaan kemampuan menulis teks cerpen siswa XI SMA Kartka 1-5 Padang yang diajarkan dengan pendekatan kooperatif tipe Round Table dan Write Around. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptifdan rancangan quasi experimental research. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini, ditetapkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 31 orang dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Round Table ialah 77,06. Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Write Around ialah 78,93. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang yang belajar dengan pendekatan kooperatif tipe Round Table dengan Write Around.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aruan, Linda. 2016. ”Model Pembelajaran Kooperatif Round Table terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Program StudiPendidikan Bahasa Jerman”. Jurnal BAHAS, 27(3), 378-386.

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama widya

Azizah, Rizka Amalia dkk. 2015. ”Penggunaan Model Kooperatif Tipe Round Table dengan Media Gambar dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cisumur 04 Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal KALAM CENDEKIA, 3(2.1), 154-159.

Budayani, Ira. 2015. ”Penerapan Metode Pembelajaran Round Table untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016”. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora,1(1), 41-54.

Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Surabaya: LAPIS-PGMI.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Nurjamal dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Pramesty, Fanny Indah. 2017. ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V SDNdi Kecamatan Pakal. JPGSD, 05(03), 1126-1134.

Ramadania, Fajarika. 2016. ”Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013”. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224-236.

Setiawati, Ika. 2016. ”Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif pada Siswa Kelas 4 dan 5: Studi Multikasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung”. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1), 107-127.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

05/30/2018

How to Cite

Fitri, R. (2018). PERBEDAAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DAN WRITE AROUND TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 81–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5535

Issue

Section

Articles