PERBEDAAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DAN WRITE AROUND TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5535Keywords:
round table, write around, teks cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartka 1-5 Padang yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Round Table. Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartka 1-5 Padang yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Write Around. Ketiga, perbedaan kemampuan menulis teks cerpen siswa XI SMA Kartka 1-5 Padang yang diajarkan dengan pendekatan kooperatif tipe Round Table dan Write Around. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptifdan rancangan quasi experimental research. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini, ditetapkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 31 orang dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Round Table ialah 77,06. Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Write Around ialah 78,93. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang yang belajar dengan pendekatan kooperatif tipe Round Table dengan Write Around.
Downloads
References
Aruan, Linda. 2016. ”Model Pembelajaran Kooperatif Round Table terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Program StudiPendidikan Bahasa Jerman”. Jurnal BAHAS, 27(3), 378-386.
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama widya
Azizah, Rizka Amalia dkk. 2015. ”Penggunaan Model Kooperatif Tipe Round Table dengan Media Gambar dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cisumur 04 Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal KALAM CENDEKIA, 3(2.1), 154-159.
Budayani, Ira. 2015. ”Penerapan Metode Pembelajaran Round Table untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016”. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora,1(1), 41-54.
Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Surabaya: LAPIS-PGMI.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Nurjamal dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Pramesty, Fanny Indah. 2017. ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V SDNdi Kecamatan Pakal. JPGSD, 05(03), 1126-1134.
Ramadania, Fajarika. 2016. ”Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013”. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224-236.
Setiawati, Ika. 2016. ”Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif pada Siswa Kelas 4 dan 5: Studi Multikasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung”. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1), 107-127.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).