Kontinuitas dan Diskontinuitas Pendidikan Kader Pondok Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014)

Authors

  • Azaki Khoirudin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta
  • Ma’arif Jamuin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jms.v1i1.11412

Keywords:

Kontinuitas, Diskontinuitas, Pondok Shabran, dan Diaspora Peradaban Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini akan membahas masalah kontinuitas dan diskontinuitas paradigma pendidikan kader Pondok Pesantren Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014), dan kaitannya dengan diaspora peradaban Muhammadiyah. Tulisan ini mengamati transformasi dan pergeseran orientasi paradigma pendidikan kader Pondok Shabran pasca kepemimpinan Djazman al-Kindi, hubungan elit (kekuasaan) dalam pembentukan pandangan paradigma pendidikan, dan kontinuitas dan diskontinuitasnya. Landasan teori tulisan ini adalah teori diaspora, kontinuitas, serta diskontinuitas. Melalui Pondok Shabran, kader-kader Persyarikatan mampu melakukan diaspora peradaban dalam rangka membenihkan perubahan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Khoirudin, A., & Jamuin, M. (2016). Kontinuitas dan Diskontinuitas Pendidikan Kader Pondok Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014). Jurnal Muhammadiyah Studies, 1(1), 106–126. https://doi.org/10.22219/jms.v1i1.11412

Issue

Section

Articles