Implementasi Teknologi Informasi dan Manajemen Bisnis bagi Pemilik Usaha 'Pudding Jelly Art' di Kabupaten Malang

Authors

  • Zainal Arifin Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Sri Budi Cantika Yuli Universitas Muhammadiyah Malang
  • Bambang Widagdo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/joesment.v4i1.32103

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja usaha "Pudding Jelly Art" milik Ibu Zulaikah di Kabupaten Malang melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Analisis SWOT mengidentifikasi dua permasalahan utama, yakni kurangnya pemanfaatan media promosi online dan perluasan variasi kreasi seni pudding jelly art. Pemilik usaha masih menggunakan promosi tradisional dan lokal, sehingga terbatas pada pasar sekitar. Solusi untuk permasalahan pemasaran adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pada Ibu Zulaikah mengenai strategi pemasaran berbasis media sosial. Pelatihan ini melibatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran produk serta teknologi informasi, sehingga dapat diterapkan secara berkelanjutan. Permasalahan kedua terkait peningkatan proses produksi, terutama variasi kreasi seni pudding jelly art. Untuk mengatasi hal ini, metode kegiatan melibatkan pelatihan dan pendampingan dalam strategi pemasaran berbasis teknologi informasi, pembuatan rancangan strategi pemasaran, dan pengembangan proses produksi melalui pembuatan varian kreasi seni baru. Hasil pengabdian ini akan didiseminasi melalui publikasi pada jurnal terakreditasi nasional. Dengan demikian, diharapkan usaha "Pudding Jelly Art" dapat meningkatkan visibilitasnya melalui media online dan mengembangkan pasar hingga ke wilayah Malang Raya, seiring dengan peningkatan kreativitas dalam pembuatan varian produk

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Arifin, Z., Cantika Yuli, S. B., & Widagdo, B. (2024). Implementasi Teknologi Informasi dan Manajemen Bisnis bagi Pemilik Usaha ’Pudding Jelly Art’ di Kabupaten Malang . JOURNAL OF ECONOMIC AND SOCIAL EMPOWERMENT, 4(1), 50–59. https://doi.org/10.22219/joesment.v4i1.32103