https://ejournal.umm.ac.id/index.php/joesment/issue/feed JOURNAL OF ECONOMIC AND SOCIAL EMPOWERMENT 2024-01-30T05:17:36+07:00 Rahmad Hidayat, S.E., M.E joesment@umm.ac.id Open Journal Systems <table class="data" style="height: 279px;" width="721" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Journal title</strong></td> <td width="80%">: Journal of Economic and Social Empowerment</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Initials</strong></td> <td width="80%">: JOESMENT</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Frequency</strong></td> <td width="80%">: 2 issues per year (<span lang="EN-US">January and July</span>)</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Online ISSN</strong></td> <td width="80%">: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211112561012841" target="_blank" rel="noopener">2808-9278</a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Print ISSN</strong></td> <td width="80%">: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230207431451034" target="_blank" rel="noopener">2986-9846</a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Editor-in-chief</strong></td> <td width="80%">: <span style="text-decoration: underline;"><span style="color: #000120;"><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6649742">Setyo Wahyu Sulistyono</a></span></span><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Publisher</strong></td> <td width="80%">: <a href="http://www.umm.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Malang</a></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Journal of Economic and Social Empowerment, </strong><em><strong>(JOESMENT)</strong></em> published by the Center for Economic and Public Policy Studies (PPEKP), Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Malang. This journal is used as a source of information about community service in the field of economic and social empowerment for every academic, researcher, lecturer and activist, and other authors.</p> https://ejournal.umm.ac.id/index.php/joesment/article/view/29439 Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan Industri Rumah Tangga Produksi Jenang Ketan Di Desa Rejowinangun Kecamatan Kadengan Kabupaten Blitar 2023-11-09T20:32:00+07:00 Desi Triana Sari desitriana0612@gmail.com Dwi Susilowati dwi_s@umm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan kotor produksi jenang ketan sekali proses produksi di setiap harinya dan mengetahui pengaruh modal, tenaga kerja dan bahan baku terhadap pendapatan industri rumah tangga jenang ketan di Desa Rejowinangun. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 33 responden pemilik industri rumah tangga jenang ketan. Teknik yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan analisis regresi liniear berganda dan data yang digunakan yaitu cross section. Penelitian ini mendapatkan data dengan cara wawancara langsung dan membagikan kuesioner kepada pemilik industri rumah tangga jenang ketan di Desa Rejowinangun. Hasil dari penelitian ini rata-rata pendapatan kotor industri jenang ketan yaitu&nbsp; Rp. 1.500.000/satu kali produksi dan hasil perhitungan analisis data tersebut menunjukan bahwa hubungan antara modal dengan nilai koefisien 1.039464, tenaga kerja dengan nilai koefies sebesar 14.45511 dan bahan baku dengan nilai koefisien 0.280612 berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan industri rumah tangga jenang ketan di Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.</p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Desi Triana Sari, Dwi Susilowati https://ejournal.umm.ac.id/index.php/joesment/article/view/32103 Implementasi Teknologi Informasi dan Manajemen Bisnis bagi Pemilik Usaha 'Pudding Jelly Art' di Kabupaten Malang 2024-01-29T12:31:44+07:00 Zainal Arifin zainalarifin@umm.ac.id Sri Budi Cantika Yuli cantika@umm.ac.id Bambang Widagdo bwidagdo@umm.ac.id <p><strong>Abstract </strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja usaha "Pudding Jelly Art" milik Ibu Zulaikah di Kabupaten Malang melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Analisis SWOT mengidentifikasi dua permasalahan utama, yakni kurangnya pemanfaatan media promosi online dan perluasan variasi kreasi seni pudding jelly art. Pemilik usaha masih menggunakan promosi tradisional dan lokal, sehingga terbatas pada pasar sekitar. Solusi untuk permasalahan pemasaran adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pada Ibu Zulaikah mengenai strategi pemasaran berbasis media sosial. Pelatihan ini melibatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran produk serta teknologi informasi, sehingga dapat diterapkan secara berkelanjutan. Permasalahan kedua terkait peningkatan proses produksi, terutama variasi kreasi seni pudding jelly art. Untuk mengatasi hal ini, metode kegiatan melibatkan pelatihan dan pendampingan dalam strategi pemasaran berbasis teknologi informasi, pembuatan rancangan strategi pemasaran, dan pengembangan proses produksi melalui pembuatan varian kreasi seni baru. Hasil pengabdian ini akan didiseminasi melalui publikasi pada jurnal terakreditasi nasional. Dengan demikian, diharapkan usaha "Pudding Jelly Art" dapat meningkatkan visibilitasnya melalui media online dan mengembangkan pasar hingga ke wilayah Malang Raya, seiring dengan peningkatan kreativitas dalam pembuatan varian produk</em></p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 zainal Arifin, Sri Budi Cantika Yuli, Bambang Widagdo https://ejournal.umm.ac.id/index.php/joesment/article/view/30121 Analisis Tingkat Pendapatan Pengrajin Kendang Jimbe di Kota Blitar 2023-11-15T11:23:21+07:00 Adinia Dewi Cahyani adiniadewi@gmail.com <table width="529"> <tbody> <tr> <td width="529"> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui</em><em> tingkat pendapatan terhadap pengrajin kendang jimbe di Kota Blitar.</em><em> Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber, termasuk </em><em>observasi dan kuesioner</em><em>. Variabel-variabel yang digunakan dalam analisis adalah </em><em>modal, jumlah tenaga kerja, serta biaya produksi</em><em>. </em><em>Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan analisis adalah E-views 9. </em><em>Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel </em><em>modal</em><em>(X<sub>1</sub>) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan </em><em>pengrajin</em><em>, variabel </em><em>jumlah tenaga kerja</em><em> (X<sub>2</sub>) berpengaruh </em><em>negatif</em><em> dan signifikan terhadap pendapatan </em><em>pengrajin</em><em>.</em> <em>variabel </em><em>biaya produksi</em><em> (X<sub>3</sub>) berpengaruh </em><em>positif</em><em> dan signifikan terhadap pendapatan </em><em>pengrajin. </em><em>&nbsp;Kemudian </em><em>Variabel modal, jumlah tenaga kerja dan biaya produksi berpengaruh secara</em> <em>&nbsp;</em><em>simultan terhadap tingkat pendapatan pengrajin</em><em> berpengaruh signifikan.</em> <em>Variabel modal, jumlah tenaga kerja dan biaya produksi berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pendapatan pengrajin. Hal ini di buktikan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 &lt; 0.05. </em></p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Adinia Dewi Cahyani https://ejournal.umm.ac.id/index.php/joesment/article/view/26472 Pendampingan Operasional Toko Online “BUMDes Mart Mulyoagung 2023-06-18T08:54:30+07:00 Happy Febrina Hariyani happyfebrina02@gmail.com Ida Nuraini idanuraini@umm.ac.id <p><em>The purpose of mentoring activities for service partners, namely Bumdes Mart Mulyoagung in Mulyoagung village, Dau sub-district, Malang district, is to develop a shopping business unit by opening a shop on the Shopee marketplace. By opening a shop on the marketplace, it is hoped that it can increase store sales, which so far have experienced problems with delays in the delivery of goods and no increase in sales due to limited consumers, namely only those with shop business WhatsApp numbers. Village community products will also be able to reach a wider range of consumers by opening shops on the marketplace. Activities are carried out in stages starting from the preparation, implementation, and evaluation stages. The results of the activity were the formation of the Bumdes Mart Mulyoagung online store on the Shopee marketplace as well as online sales transactions. It is hoped that increased sales through the marketplace will increase shop profits so that they can be used for store operational costs, and the excess can provide input for Village Original Income.</em></p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Happy Febrina Hariyani, Ida Nuraini https://ejournal.umm.ac.id/index.php/joesment/article/view/30126 Strategi Penguatan Pariwisata Halal di Kabupaten Trenggalek 2024-01-15T09:17:42+07:00 Azella Nosih Octavia azellanosihoctavia@gmail.com M. Sri Wahyudi S ms_wahyudi@umm.ac.id <p>Indonesia has the potential for natural beauty that can be used as an object of economic growth activities, namely through the tourism sector. Halal tourism is part of the tourism industry that is based on Islamic principles and aimed at Muslim tourists. This study aims to conduct a detailed study of tourism object development strategies, especially focusing on the Halal Tourism development plan. This study used a sample of 30 respondents visiting tourist sites in Trenggalek Regency. This study used the SWOT analysis method and the data obtained came from distributing questionnaires to tourist visitors at three tourist sites in Trenggalek Regency. The results of the IFAS and EFAS score research showed favorable results for increasing halal tourism in Trenggalek Regency. This position is in quadrant 1, which signifies the utilization of strengths and weaknesses (SO) strategies. Which is expected to increase the attractiveness of visitors by improving quality, thus taking advantage of the opportunities available.</p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Azella Nosih Octavia, M. Sri Wahyudi S