Senam Tai Chi Efektif Menurunkan Tekanan Darah, Kadar Gula, Dan Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Lansia

Authors

  • Atika Yulianti Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v2i1.10535

Keywords:

Tai Chi, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Gangguan Kualitas Tidur.

Abstract

Lansia merupakan kondisi yang rentan terhadap stress yang diakibatkan dengan menurunnya kapasitas tubuh dan timbulnya berbagai penyakit degenerative antara lain seperti gangguan kualitas tidur, diabetes mellitus, hipertensi.  Penurunan kualitas tidur  sedikitnya disebabkan antara lain oleh disfungsi aktivitas pada siang hari, penurunan fungsi neurotransmitter sehingga neroepinephrine mengalami penurunan, sehingga menyebabkan mudahnya terbangun pada malam hari dan pola tidur dan istirahat berubah serta dapat mengganggu kualitas tidur lansia . Begitu juga pada gangguan kardiovaskular pada lansia, salah satunya hipertensi, gangguan ini disebabkan oleh pengkakuan pembuluh darah dan penurunan kelenturan (compliance) arteri dan ini mengakibatkan peningkatan tekanan nadi sesuai dengan umur. Perubahan ini menyebabkan penurunan compliance aorta dan pembuluh darah besar dan mengakibatkan peningkatan TDS yang menyebabkan hipertensi.  Selain itu gangguan metabolic juga menjadi resiko besar yang sering terjadi pada lansia, khusunya tingginya kasus diabetes mellitus, yang merupakan akibat dari resistensi insulin cenderung meningkat pada usia lanjut sehingga dapat mempengaruhi peningkatan kadar glukosa darah. Semua keluhan degenatif yang disebutkan diatas berdampak  pada penurunan kualitas hidup lansia. Obat obatan menjadi kebutuhan yang  sangat tinggi untuk menanggulangi keluhan pada kondisi yang menua, padahal kondisi tubuh mereka sudah tidak terlalu baik untuk mensekresi obat, yang paling buruk efek konsumsi obat akan menimbulkan kelainan lain seperti gagal ginjal. Oleh karena itu pola fikir dan pola aktivitas lansia  harus segera diperbaiki. Meningkatkan pola aktivitas sangat membantu untuk menurunkan keluahan   keluhan tersebut. Pada penelitian ini digunkan senam tai chi sebagai peningkatan pola aktivitas pada lansia. Taichi sendiri dipilih karena gerakan yang aman digunakan para lanjut usia, selain itu efek terapi dari tai chi sendiri yaitu dapat menurunkan tekanan darah, menekan pengeluaran hormone hormone yang dapat meningkatkan kadar gula darah, dan menurunkan kadar kortisol dan menurunkan aktivits saraf simpatis sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur pada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adenikheir, A. 2014. Pengaruh Pemberian Senam Tai Chi Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Pada Lanjut Usia. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Adib, M. (2011). Pengetahuan Praktis Ragam Penyakit Mematikan yang Paling Sering Menyerang Kita. Jogjakarta: Buku Biru

Bustan M.N.. (2007). Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Florencia Jessica. (2015). Wanita Bekerja Lebih Berisiko Diabetes. https://diabetessolution.co.id/id/Article/View/70?slug=wanita-bekerja-lebih-berisiko-diabetes, diakses 29 Mei 2017

Ghaderian N, Noushin MF, Firoozeh s, Gholam HS, Ali M, Maryam M. Is there any relationship between the type of dietary fat and blood glucose? Results of isfahan healthy heart program. Arya Atherosclerosis Journal. 2007 ; 3(3) ; 162-7

Giriwijoyo, S., & Sidik, DZ. (2012). Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung; PT Remaja Rosdakarya

Gunawan, L. (2006). Hipertensi Tekanan Darah Tinggi. Yogyakarta; Kanisius.

Irwan. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta. Salemba Medika

Ismiati, I. 2013. Pengaruh Senam Otak dan Senam Tai Chi Terhadap Keseimbangan Lanjut Usia di Posyandu Desa Gawang Pacitan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Isselbcher, Braunwald, Wilson, Martin, Fauci, Kasper. 2015. Horison : Prinsip-Prinsip Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta. Buku Kedokteran EGC

Khasanah, Khusnul dan Hidayati, Wahyu. 2012. Kualitas Tidur Lansia Balai Rehabilitasi Sosial “MANDIRI” Semarang. Jurnal Nursing Studies. No.1,Vol.1,Page.189-196.

LeeFever Joyce, (2007). Buku saku pemeriksaan laboratorium dan diagnostik dengan implikasi keperawatan. Edisi 2. Jakarta:EGC

Maas, L. Meridian. 2011. Asuhan Keperawatan Geriatric: Diagnosis NANDA, Kriteria Hasil NOC, Intervensi NIC. Jakarta: EGC.

Mahardika, J., Haryanto J., dan Bakar A. 2011. Hubungan Keteraturan Mengikuti Senam Lansia Dan Kebutuhan Tidur Lansia di UPT Pslu Pasuruan Di Babat Lamongan. Skripsi: Universitas Airlangga

Martinus. (2005). 1001 Tentang Diabetes. Bandung: Nexx Media

Maryam, RS., Ekasari, MF., Rosidawati., Jubaedi, A., & Batubara, I. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta; Salemba Medika.

Modjod, D. 2007. Insomnia Experience, Management Strategies, and Outcomes in ESDR Patient Undergoing Hemodialysis. Skripsi: Mahidol University.

Palmer, A. Williams, B. 2007. Simple guide Tekanan Darah Tinggi. Ciracas, Jakarta; penerbit erlangga.

Permatasari Yulia Indah (2015). Pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Wanita Lansia. Skripsi : Universitas Negeri Semarang

Potter, P.A. dan Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik (Volume 2) (Edisi 4). Jakarta: EGC.

Pudjiastuti, SR., & Utomo, B. (2003). Fisioterapi pada Lansia. Jakarta ; EGC.

Radiah. 2015. Pengaruh Pemberian Expressive Movement Music Modality Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Depresi Pada Lansia di Rumah Asuh Anak & Lansia (RAAL) Griya Asih Lawang Kabupaten Malang. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Malang.

Razei, A., Hosseini, H., Esfirizi, M., dan Marandi, S., 2011. The Effect of Tai Chi exercise on the Sleep Quality of the Elderly Residents in Isfahan. Sedeghieh Elderly Home. No.1,Vol.16,Page.55.

Rohmaningsih, Novitasari dan Fitrikasari, Alifiati. 2013. Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Tingkat Kecemasan Studi pada Mahasiswa/i Angkatan 2011 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. KTI: Universitas Dipenogoro.

Roth, Thomas. 2007. Insomnia: Definition, Prevalence, Etiology, and Consequences. Journal of Clinical Sleep Medicine. No.5,Vol.3,Page.7.

Safitri Viska, (2012). Perubahan Hormon ketika Menopause. http://viskhasafitri.blogspot.co.id/2012/06/perubahan-hormon-ketika-menopause.html, Diunduh 28 Maret 2017

Santoso, D. (2010). Membonsai Hipertensi. Surabaya; jaring pena

Shadine, Mahannad. 2010. Mengenal Penyakit Hipertensi, Diabetes, Stroke & Serangan Jantung. Jakarta. KEENBOOK

Siyad, AR. 2011. Hypertension. Hygeia: Journal For Drugs And Medicines. No.1. Vol.3.Page 1-16.

Soegondo,S. (2007). Diagnosis dan Kalsifikasi Diabetes Mellitus Terkini. Dalam Soegondo S dkk (eds), Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Jakarta : FKUI.

Sudoyo AW, Setiyohadi B, Alwi I, K Marcellus S, Setiati S. (2006). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III Edisi Keempat. Jakarta: FKUI.

Sudoyo AW, Setiyohadi B, Alwi I, K Marcellus S, Setiati S. (2006). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III Edisi Keempat. Jakarta: FKUI.

Sutanto, Jusuf. 2013. The Dancing Leader 3.0 Tai Chi untuk Perawat Membangun Keluarga dan Rumah Sakit. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.

Yuliati Amalia , Baroya Ni'mal , Ririanty Mury, (2014). Perbedaan Kualitas Hidup Lansia yang Tinggal di Komunitas dengan di Pelayanan Sosial Lanjut Usia. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol. 2 (no. 1)

Sari, S. P. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi 21.1 Setda Kabupaten Sragen, (September).

Utami, N. A. (2017). Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Overweight Dan Obesitas Pada Remaja. Pendidikan, Program Kedokteran, Sarjana Kedokteran, Fakultas Diponegoro, Universitas.

Warhamny, W., Laenggeng, A. H., & Moonti, S. W. (2018). Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Balita Di Kelurahan Lolu Selatan Wilayah Kerja Puskesmas Birobuli Kota Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, Universitas Uhammadiyah Palu, 1(1), 736–744.

Downloads

Published

2020-08-12

How to Cite

Yulianti, A. (2020). Senam Tai Chi Efektif Menurunkan Tekanan Darah, Kadar Gula, Dan Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Lansia. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 2(2). https://doi.org/10.22219/physiohs.v2i1.10535