Video Learning Multimedia Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Menarche
DOI:
https://doi.org/10.22219/physiohs.v2i2.15193Keywords:
Pengetahuan remaja, menarche, health education, video learning multimediaAbstract
Memasuki masa pubertas, anak perempuan akan mulai mendapatkan menarche atau menstruasi pertama. Biasanya saat menarche datang, mereka akan mengalami rasa cemas, takut dan juga kebingungan karena belum siap dalam menghadapi masa pubertas. Hal ini disebabkan mereka tidak pernah mendapatkan pendidikan reproduksi dini. Salah satu program promosi kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan adalah dengan memberikan penyuluhan kesehatan dengan menggunakan video learning multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas health education dengan metode video learning multimedia dalam meningkatkan pengetahuan remaja mengenai menarche. Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel penelitian diambil dengan accidental purposive sampling. Masing-masing sampel akan diukur tingkat pengetahuan terhadap menarche sebelum dan sesudah diberikan health education dengan video learning multimedia. Berdasarkan hasil uji statistic dengan Wilcoxon didapatkan nilai signifikansi 0,00 (p>0,005). Dapat disimpulkan bahwa health education dengan video learning multimedia efektif meningkatkan pengetahuan remaja tentang menarche
Downloads
References
Ali, I.T. (2011). Analisis Hubungan Implementasi Multimedia Pada Learning Management System Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Penguasaan Materi Pembelajaran. Jurnal Sains dan Teknologi, 10 (1), 1-7. BKKBN dan UNICEF. (2004).Remaja Hari ini adalah Pemimpin Masa Depan. Jakarta : BKKBN Pusat Luklukaningsih, Z. (2014). Anatomi Fisiologi Dan Fisioterapi. Yogyakarta : Nuha Medik Luluk, dan Erik. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo. Program studi ilmu keperawatan sekolah tinggi ilmu kesehatan aisyiyah yogyakarta. Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Smith A, Jones J, Cavanaugh C, Venn J, Wilson W. (2006). Effect of interactive multimedia on basic clinical psychomotor skill performance by physical therapy student. Journal of Physical Therapy Education 20:61-67 Syaifuddin. (2006). Anatomi Fisiologi Untuk Mahasiswa Keperawatan Edisi 3. Jakarta : EGC
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Physiotherapy Health Science (PhysioHS) agree to the following terms:
- For all articles published in Physiotherapy Health Science (PhysioHS), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.