Video Learning Multimedia Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Menarche

Authors

  • Ririn Harini Departement Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurul Aini Rahmawati Departement Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v2i2.15193

Keywords:

Pengetahuan remaja, menarche, health education, video learning multimedia

Abstract

Memasuki masa pubertas, anak perempuan akan mulai mendapatkan menarche atau menstruasi pertama. Biasanya saat menarche datang, mereka akan mengalami rasa cemas, takut dan juga kebingungan karena belum siap dalam menghadapi masa pubertas. Hal ini disebabkan mereka tidak pernah mendapatkan pendidikan reproduksi dini. Salah satu program promosi kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan adalah dengan memberikan penyuluhan kesehatan dengan menggunakan video learning multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas health education dengan metode video learning multimedia dalam meningkatkan pengetahuan remaja mengenai menarche. Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel penelitian diambil dengan accidental purposive sampling. Masing-masing sampel akan diukur tingkat pengetahuan terhadap menarche sebelum dan sesudah diberikan health education dengan video learning multimedia. Berdasarkan hasil uji statistic dengan Wilcoxon didapatkan nilai signifikansi 0,00 (p>0,005). Dapat disimpulkan bahwa health education dengan video learning multimedia efektif meningkatkan pengetahuan remaja tentang menarche

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, I.T. (2011). Analisis Hubungan Implementasi Multimedia Pada Learning Management System Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Penguasaan Materi Pembelajaran. Jurnal Sains dan Teknologi, 10 (1), 1-7. BKKBN dan UNICEF. (2004).Remaja Hari ini adalah Pemimpin Masa Depan. Jakarta : BKKBN Pusat Luklukaningsih, Z. (2014). Anatomi Fisiologi Dan Fisioterapi. Yogyakarta : Nuha Medik Luluk, dan Erik. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo. Program studi ilmu keperawatan sekolah tinggi ilmu kesehatan aisyiyah yogyakarta. Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Smith A, Jones J, Cavanaugh C, Venn J, Wilson W. (2006). Effect of interactive multimedia on basic clinical psychomotor skill performance by physical therapy student. Journal of Physical Therapy Education 20:61-67 Syaifuddin. (2006). Anatomi Fisiologi Untuk Mahasiswa Keperawatan Edisi 3. Jakarta : EGC

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Harini, R., & Rahmawati, N. A. (2021). Video Learning Multimedia Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Menarche. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 2(2), 50–53. https://doi.org/10.22219/physiohs.v2i2.15193