ANALISIS POSISI KERJA TERHADAP KASUS LOW BACK PAIN (LBP) PADA PERAWAT RAWAT INAP DI RSUD KOLONODALE MOROWALI UTARA

Authors

  • Rakhmad Rosadi University of Muhammadiyah Malang
  • Tri Hutami Wardoyo Lembaga Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
  • Mohamad Fahri Line Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sri Sunaringsih Ika Wardojo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nungki Marlian Yuliadarwati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i2.19043

Keywords:

Posisi Kerja, Low Back Pain, Rapid Entire Body Assesment (REBA)

Abstract

Latar Belakang: Low Back Pain (LBP) atau Nyeri Punggung Bawah (NPB) merupakan masalah pada sistem musculoskeletal yang sangat umum terjadi. LBP adalah rasa nyeri yang biasanya terdapat pada bagan bawah tulang belakang yang dapat mengakibatkan gangguan pada aktivitas. Posisi Kerja merupakan postur yang dibentuk secara alamiah oleh tubuh yang digunakan untuk menunjang pekerja saat melakukan pekerjaan. Tujuan: Mengetahui analisis posisi kerja terhadap kasus low back pain (LBP) pada perawat rawat inap di RSUD Kolonodale Morowali Utara. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perawat ruang rawat inap interna RSUD Kolonodale sebanyak 13 orang. Penelitian dilakukan selama seminggu. Penelitian ini menggunakan alat ukur kuisioner. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi kerja ergonomic yang salah dan berulang dapat meningkatkan risiko LBP. Kesimpulan: Ada pengaruh posisi kerja yang slah terhadap terjadinya kasus low back pain (LBP) pada perawat rawat inap di RSUD Kolonodale Morowali Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini. 2015. Risk Factors of Low back pain in Workers. Jurnal Kesehatan. Vol. 4, No. 1.

Gatam. 2006. Hubungan Sikap Kerja Duduk Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Rental Komputer di Pabelan Kartasura. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hoy, et al. 2014. The Global Burden of Low Back Pain: Estimates From the Global Burden of Disease 2010 Study. Annals of the Rheumatic Diseases. Vol. 73, No. 7.

Idyan, Z. 2007. Hubungan Lama Duduk Saat Perkuliahan Dengan Keluhan Low Back Pain. Dari http://www.innappni.or.id. Diakses 20 April 2021

Kartana, T. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keluhan Low Back Pain pada Kegiatan Mengemudi Tim Ekspedisi PT. Enseval Putera Megatrading Jakarta Tahun 2010. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

KEPMENKES RI. 2010. Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Rumah Sakit. Dari http://www.persi.or.id. Diakses 20 April 2021.

Noor, Z. 2016. Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal. Jakarta: Salemba Medika.

Occupational Safety and Health Administration (OSHA). 2014. Workers Right. Dari http://www.osha.gov. Diakses 20 April 2021.

Sumangando, et al. 2017. Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Kejadian Low Back Pain (LBP) Paa Peawat Pelaksana di RS Tk. III R.W. Monginsidi Manado. Jurnal Kesehatan. Vol. 5, No. 1.

Tarwaka. 2017. Ergonomi Industri Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Yassi et al. 2001. Basic Environmental Health. Oxford University UK.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Rosadi, R., Wardoyo, T. H. ., Line, M. F. ., Wardojo, S. S. I. ., & Yuliadarwati, N. M. (2021). ANALISIS POSISI KERJA TERHADAP KASUS LOW BACK PAIN (LBP) PADA PERAWAT RAWAT INAP DI RSUD KOLONODALE MOROWALI UTARA. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(2), 83–87. https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i2.19043