Hubungan Pengetahuan Ibu terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy Usia 3-5 Tahun

Authors

  • Dilla Virly Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Ainun Maru'fa Universitas Muhammadiyah Malang
  • Safun Rahmanto Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v4i2.22319

Keywords:

anak, cerebral palsy, gross motor function measure, motorik kasar, usia 3-5 tahun

Abstract

Tingkat pendidikan ibu berpengaruh pada pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak. Keterkaitan tersebut berdampak pada aktivitas tumbuh kembangnya. Anak cerebral palsy lebih membutuhkan perhatian dan treatment khusus dalam proses perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak cerebral palsy usia 3-5 tahun. Responden sebanyak 32 anak cerebral palsy berusia 3-5 tahun dilakukan pengukuran menggunakan gross motor function measure dan kuisioner. Spearman test menunjukkan p > 0,05 dan r = 0,239 atau terdapat hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak cerebral palsy usia 3-5 tahun dalam kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindita, Riska, A., and Apsari, N, C. 2020. Pelaksanaan Support Group Pada Orangtua Anak Dengan Cerebral Palsy. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 2(2):208. doi: 10.24198/focus.v2i2.26248.

Apriani and Dwi, F. 2020. Deteksi Dini Cerebral Palsy Pada Bayi Sebagai Upaya Pencegahan Keterlambatan Dalam Diagnosis. Gema Kesehatan 10(2):70–76. doi: 10.47539/gk.v10i2.83.

Correa, Gallardo, and Montero, A, V. 2013. Studi Eksploratif Perilaku Pada Individu Dengan Cerebral Palsy. 01(01):1–10.

Dona, Setria. 2020. Penderita Cerebral Palsy Tingkat Intelejensi Sedang Studi Kasus. Linguistik : Jurnal Bahasa & Sastra Gangguan Fonologi 5(1):200–209.

Fitriyani, Fitriyani, Nurwati, N and Humaedi, S. 2016. Peran Ibu Yang Bekerja Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13626.

Maharani, Sri, and Bernard, M. 2018. Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5):819. doi: 10.22460/jpmi.v1i5.p819-826.

Muchid, Abdul, Samiasih, A, and Mariyam. 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di Posyandu Budi Lestari Desa Tlogorejo Guntur Demak. Jurnal Keperawatan 6(1):36–43.

Mulyadi, Mohammad. 2013. Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 16(1):71. doi: 10.31445/jskm.2012.160106.

Musyabiq, Sofyan. 2018. Cerebral Palsy Tipe Spastic Diplegy Pada Anak Usia Dua Tahun. Medula 1(5):51–57.

Nurfadilla, Nadya, H., Gamayani, U., and Nasution, G, T, D. 2018. Komorbiditas Pada Penyandang Cerebral Palsy (Cp) Di Sekolah Luar Biasa (SLB). Dharmakarya 7(2):90–96. doi: 10.24198/dharmakarya.v7i2.19403.

Yanti, Etri, and Fridalni, N. 2020. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika 7(2):108–13. http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i1.761.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Virly, D., Maru’fa, S. A., & Rahmanto, S. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy Usia 3-5 Tahun. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 4(2), 67–70. https://doi.org/10.22219/physiohs.v4i2.22319