Hubungan Pengetahuan Ibu terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy Usia 3-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.22219/physiohs.v4i2.22319Keywords:
anak, cerebral palsy, gross motor function measure, motorik kasar, usia 3-5 tahunAbstract
Tingkat pendidikan ibu berpengaruh pada pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak. Keterkaitan tersebut berdampak pada aktivitas tumbuh kembangnya. Anak cerebral palsy lebih membutuhkan perhatian dan treatment khusus dalam proses perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak cerebral palsy usia 3-5 tahun. Responden sebanyak 32 anak cerebral palsy berusia 3-5 tahun dilakukan pengukuran menggunakan gross motor function measure dan kuisioner. Spearman test menunjukkan p > 0,05 dan r = 0,239 atau terdapat hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak cerebral palsy usia 3-5 tahun dalam kategori cukup.
Downloads
References
Anindita, Riska, A., and Apsari, N, C. 2020. Pelaksanaan Support Group Pada Orangtua Anak Dengan Cerebral Palsy. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 2(2):208. doi: 10.24198/focus.v2i2.26248.
Apriani and Dwi, F. 2020. Deteksi Dini Cerebral Palsy Pada Bayi Sebagai Upaya Pencegahan Keterlambatan Dalam Diagnosis. Gema Kesehatan 10(2):70–76. doi: 10.47539/gk.v10i2.83.
Correa, Gallardo, and Montero, A, V. 2013. Studi Eksploratif Perilaku Pada Individu Dengan Cerebral Palsy. 01(01):1–10.
Dona, Setria. 2020. Penderita Cerebral Palsy Tingkat Intelejensi Sedang Studi Kasus. Linguistik : Jurnal Bahasa & Sastra Gangguan Fonologi 5(1):200–209.
Fitriyani, Fitriyani, Nurwati, N and Humaedi, S. 2016. Peran Ibu Yang Bekerja Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13626.
Maharani, Sri, and Bernard, M. 2018. Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5):819. doi: 10.22460/jpmi.v1i5.p819-826.
Muchid, Abdul, Samiasih, A, and Mariyam. 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di Posyandu Budi Lestari Desa Tlogorejo Guntur Demak. Jurnal Keperawatan 6(1):36–43.
Mulyadi, Mohammad. 2013. Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 16(1):71. doi: 10.31445/jskm.2012.160106.
Musyabiq, Sofyan. 2018. Cerebral Palsy Tipe Spastic Diplegy Pada Anak Usia Dua Tahun. Medula 1(5):51–57.
Nurfadilla, Nadya, H., Gamayani, U., and Nasution, G, T, D. 2018. Komorbiditas Pada Penyandang Cerebral Palsy (Cp) Di Sekolah Luar Biasa (SLB). Dharmakarya 7(2):90–96. doi: 10.24198/dharmakarya.v7i2.19403.
Yanti, Etri, and Fridalni, N. 2020. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika 7(2):108–13. http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i1.761.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 dilla virly, Siti Ainun Maru'fa, Safun Rahmanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Physiotherapy Health Science (PhysioHS) agree to the following terms:
- For all articles published in Physiotherapy Health Science (PhysioHS), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.