Dampak Gangguan Muskuloskeletal Akibat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Anak Usia 6-13 Tahun Terhadap Keseimbangan Dinamis

Authors

  • Zahra Sativani Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  • Roikhatul Jannah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v5i1.26161

Keywords:

Musculoskeletal Disorders, dynamic balance, pGALS, Covid-19

Abstract

Kebijakan pembatasan interaksi sosial di masa pandemi Covid-19 berdampak pada proses pembelajaran anak di sekolah. Proses belajar secara daring membuat anak harus lebih lama menggunakan gawai. Kebiasaan ini memicu terjadinya peningkatan risiko nyeri muskuloskeletal akibat tubuh dipaksa bekerja lebih keras daripada fungsinya. Keterbatasan anak untuk dapat mengeksplor gerakan melalui aktivitas fisik dalam bentuk permainan juga menjadi indikasi peningkatan risiko gangguan muskuloskeletal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak gangguan muskuloskeletal setelah pembelajaran daring terhadap keseimbangan dinamis pada anak usia 6-13 tahun di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini adalah deksriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebesar 69 anak. Alat yang digunakan meliputi kuesioner untuk mengetahui lama sekolah dari rumah, penggunaan gawai, dan kesempatan anak bermain di luar rumah, unterberger test, dan pemeriksaan gangguan muskuloskeletal menggunakan  pGALS. Hasil analisis didapatkan tidak ada hubungan (p=0,641) antara gangguan muskuloskeletal dan keseimbangan dinamis selama pembelajaran daring pada anak usia 6-13 tahun.  Namun, terdapat risiko 1,378 kali (OR=1,378) terjadinya gangguan keseimbangan dinamis pada anak yang mengalami gangguan muskulskeletal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balakrishnan, R., Chinnavan, E., & Feii, T. (2016). An extensive usage of hand held devices will lead to musculoskeletal disorder of upper extremity among student in AMU: A survey method. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 368(2), 368–372. www.kheljournal.com

Batara, G. O., Doda, D. V. D., & Wungouw, H. I. S. (2021). Keluhan Muskuloskeletal Akibat Penggunaan Gawai pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik : Jbm, 13(2), 152–160. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31767

Bates, L., Zieff, G., Stanford, K., Moore, J., Kerr, Z., Hanson, E., Barone Gibbs, B., Kline, C., & Stoner, L. (2020). COVID-19 Impact on Behaviors across the 24-Hour Day in Children and Adolescents: Physical Activity, Sedentary Behavior, and Sleep. Children, 7(9), 138. https://doi.org/10.3390/children7090138

Foster, H. E., & Jandial, S. (2013). PGALS - paediatric Gait Arms Legs and Spine: A simple examination of the musculoskeletal system. Pediatric Rheumatology, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/1546-0096-11-44

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Husmarika, N. M. H., Muliani, M., & Yuliana, Y. (2019). Prevalensi kejadian nyeri leher pada siswa SD Negeri 3 Mas, Desa Mas, Kecamatan Ubud yang menggunakan tas punggung. Bali Anatomy Journal, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.36675/baj.v2i1.19

Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi orang tua dalam memanfaatkan durasi penggunaan gadget untuk anak usia dini saat situasi pandemi covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 04(1), 63–82.

Melo, R. de S., Marinho, S. E. D. S., Freire, M. E. A., Souza, R. A., Damasceno, H. A. M., & Raposo, M. C. F. (2017). Static and dynamic balance of children and adolescents with sensorineural hearing loss. Einstein (Sao Paulo, Brazil), 15(3), 262–268. https://doi.org/10.1590/S1679-45082017AO3976

Nawang Galuh Safitri, Alfiatus Zulda, Anggie Cristanti, Puji Rahayu Wulandari, E. N. I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Rodríguez-Nogueira, Ó., Leirós-Rodríguez, R., Benítez-Andrades, J. A., Álvarez-álvarez, M. J., Marqués-Sánchez, P., & Pinto-Carral, A. (2021). Musculoskeletal pain and teleworking in times of the COVID-19: Analysis of the impact on the workers at two Spanish universities. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph18010031

Sativani, Z. (2019). Latihan Keseimbangan dan Stimulasi Somatosensoris Meningkatkan Keseimbangan Statis pada Penderita Diabetes Neuropati. 13(1), 36–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36082/qjk.v13i1.54

Sativani, Z., Pahlawi, R., Fisioterapi, J., Fisioterapi, P., Vokasi, F., & Indonesia, U. (2020). Latihan Penguatan Kaki terhadap Keseimbangan Postural dan Kemampuan Fungsional Kaki pada Anak Usia 6-10 Tahun dengan Flexible Flatfoot. 2(3), 99–107.

Septadina, I. S., Adnindya, M. R., & Alfiah, N. (2019). Gambaran Keluhan Musculoskeletal pada Siswa di Pesantren. Jurnal Raden Patah, 25(2), 69–76.

Setyaningrahayu, F., Rahmanto, S., & Multazam, A. (2021). Hubungan Kejadian Flat Foot Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Pelajar Di Sman 3 Malang. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 2(2), 83–89. https://doi.org/10.22219/physiohs.v2i2.14494

Wijaya, P. G. P. M., Wijayanthi, I. A. S., & Widyastuti, K. (2019). Hubungan posisi dan lama duduk dengan nyeri punggung bawah pada pemain game online. Intisari Sains Medis, 10(3), 834–839. https://doi.org/10.15562/ism.v10i3.495

Yang, G., Cao, J., Li, Y., Cheng, P., Liu, B., Hao, Z., Yao, H., Shi, D., Peng, L., Guo, L., & Ren, Z. (2019). Association Between Internet Addiction and the Risk of Musculoskeletal Pain in Chinese College Freshmen – A Cross-Sectional Study. Frontiers in Psychology, 10(September), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01959

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Sativani, Z., & Jannah, R. (2023). Dampak Gangguan Muskuloskeletal Akibat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Anak Usia 6-13 Tahun Terhadap Keseimbangan Dinamis . Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.22219/physiohs.v5i1.26161