Manfaat Pemberian Friction dan Free Active Exercise untuk Mengurangi Nyeri dan Meningkatkan Kekuatan Otot pada Frozen Shoulder

Authors

  • luhur_sesanti agustiningsih Universitas Widya Husada Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v6i2.29818

Keywords:

Friction, Frozen Shoulder, Free Active Exercise

Abstract

Frozen Shoulder adalah suatu keadaan dimana bahu mengalami peradangan sehingga jaringan ikat di sekitar sendi bahu menjadi kencang dan tebal. Ini menyebabkan adanya rasa nyeri dan pembatasan gerak karena ruang lingkup gangguan miofasial dengan pola kapsuler mobilitas berkurang atau terbatas. Kondisi tersebut bisa terjadi tanpa sebab maupun terjadi karena trauma atau imobilisasi berkepanjangan seperti stroke atau diabetes mellitus Modalitas yang diberikan pada kasus Frozen Shoulder ini berupa pemberian Friction dan Free Active Exercise.

Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah agar dapat mengetahui manfaat dari pemberian Friction dan Free Active Exercise untuk mengurangi nyeri.

Setelah diberikan tindakan fisioterapi dengan modalitas Friction dan Free Active Exercise pada kasus Frozen Shoulder telah dilakukan terapi sebanyak 6 kali sesuai dengan SOP yang ditandai dengan hasil berupa penurunan nyeri, peningkatan lingkup gerak sendi, peningkatan kekuatan otot, penurunan spasme dan adanya peningkatan aktivitas fungsional dengan menggunakan modalitas tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ferianto,Wahyu.(2013).Penatalaaksanaan Fisioterapi Pada Frozen Shoulder. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hardiyanto , Inggrit. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kasus Frozen Shoulder Et Causa Tendinitis Supraspinatus dengan Modalitas Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation dan Teapi Latihan. KTI. Universitas Widya Husada Semarang.

Mutaqin, Wawan Ridwan dan Ninik Nur Hidayah. (2016). Pengaruh Senam Bahu Terhadap Intensitas Nyeri dan Kemampuan Kemandirian Aktifitas Fungsional pada Pasien Frozen Shoulder. Jurnal terpadu ilmu kesehatan (vol 5 no 1)

Sudaryanto dan Hermiati. (2020). Efek Penambahan Mobilisasi Scapula pada Obilisasi Endrange pada Penderita Frozen Shoulder di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makasar. Jurnal Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makasar (Vol. XV No 2).

Susanto, Edi. (2017). Efektifitas Topurak untuk Meningkatkan Range Of Maotion Sendi Bahu pada Penderita Frozen Shoulder Pasien Klinik Terapi Masassge Cederaa Olahraga Mafaza. SKRIPSI. Universitas Negeri Yogyakarta. Tailor, Mattew (2018). Painful arc test. Diaksses pada 28 april 2022.Available from URL:https://quizlet.com/yomzonk

Wardani, Anggun Budi dan Risal Wintoko. (2021). Frozen Shoulder. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung (vol 11 no 2).

Wijayanti. P. E; Masrurun. A; & Nurseptiani. D, (2019). Gambaran Nyeri Frozen Shoulder pada Pekerja PT . Java ATBM di Kabupaten Pemalang. 1022–1025.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

agustiningsih, luhur_sesanti. (2023). Manfaat Pemberian Friction dan Free Active Exercise untuk Mengurangi Nyeri dan Meningkatkan Kekuatan Otot pada Frozen Shoulder. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 6(2). https://doi.org/10.22219/physiohs.v6i2.29818