Gambaran Pemetaan Kualitas Pelayanan Fisioterapi Praktik Mandiri Di Malang Raya

Authors

  • Safun Rahmanto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Ainun Ma’rufa universitas muhammadiyah malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v6i2.31430

Keywords:

Fisioterapi, Praktik mandiri, Kualitas Pelayanan

Abstract

Kualitas merupakan keseluruhan karakteristik dari produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture, dan maintenance dimana produk dan jasa tersebut dalam penggunaannya oleh konsumen/pelanggan akan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Kualitas layanan atau layanan yang diterima oleh pelanggan dipersepsikan baik dan memuaskan jika sesuai dengan harapan pelanggan dan bahkan melebihi harapan mereka. Jika kualitas layanan atau layanan tersebut dapat mencapai bahkan melebihi harapan pelanggan, maka layanan tersebut dapat dianggap sebagai kualitas yang ideal/baik. Sebaliknya, jika layanan atau layanan yang diterima oleh pelanggan kurang dari apa yang mereka harapkan, maka layanan atau layanan tersebut dapat dianggap sebagai kualitas yang buruk. Penelitian ini betujuan untuk mengatahui, menilai, dan menganalisis kualitas pelayanan fisioterapi praktik mandiri di Malang Raya. Metode penelitian ini bersifat observasional yang dilakukan secara langsung oleh peneliti pada 8 praktik mandiri fisioterapis di Malang Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A. N., Rahmanto, S., & Utami, K. P. (2023). The Relationship of Physiotherapy Services Quality at The Homecare Level to Patient Satisfaction in Practice Independent Physiotherapy Malang Raya. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 5(2), 411–419. https://doi.org/10.35451/jkf.v5i2.1623

Kemenkes. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 65 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Fisioterapi.

Kemenkes. (2021). Profil Kesehatan Indonesia (F. Sibuea, B. Hardhana, & W. Widiantini, Eds.). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf

Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40. https://www.researchgate.net/publication/225083802

Putri, A. N. P. S., Rahmanto, S., & Irawan, D. S. (2023). The Relationship Between The Quality Of Physiotherapy Services To The Level Of Patient Satisfaction With Physiotherapy Independent Practice Sport Cases In Malang Raya. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 5(2), 389–396. https://doi.org/10.35451/jkf.v5i2.1619

Sutiyo, T. A. W., Rahmanto, S., & Irawan, D. S. (2023). The Relationship between the Quality of Physiotherapy Services and the Level of Satisfaction of Patients with Musculoskeletal Cases Physiotherapy Independent Practice in Malang Raya. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 5(2), 331–339. https://doi.org/10.35451/jkf.v5i2.1616

Xaveria Hargiani, F., Wardani, R., Ambarika, R., & Imam Suprapto, S. (n.d.). Implementasi Permenkes 65/2015 (Standar Pelayanan Fisioterapi) Dan Permenkes 43/2019 (Puskesmas) Wilayah Jawa Timur. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(3), 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/jkm.v7i3.15001

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rahmanto, S. ., & Ainun Ma’rufa, S. (2023). Gambaran Pemetaan Kualitas Pelayanan Fisioterapi Praktik Mandiri Di Malang Raya. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 6(2). https://doi.org/10.22219/physiohs.v6i2.31430