Hubungan Komunikasi Terapeutik Fisioterapis Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Authors

  • Triana Devika Program Studi S1 Fisioterapi Universitas Muhammmadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/physiohs.v7i1.33480

Keywords:

Fisioterapi, Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, Kuesioner

Abstract

Komunikasi terapeutik fisioterapis merupakan bagian dari intervensi fisioterapi yang berpusat kepada pasien sehingga terjadi perubahan positif dalam diri pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik fisioterapis dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rehabilitasi medik RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Berdasarkan polling kualitas pelayanan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tahun 2022 di mana 74,4 % responden menyatakan perlu perbaikan termasuk didalamnya adalah masalah komunikasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan pendekatan berbasis survei. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 70 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang terdiri dari data demografi, kuesioner komunikasi terapeutik fisioterapis dan kuesioner tingkat kepuasan pasien, data dianalisis dengan SPSS 25 melalui uji korelasi spearman rho. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai p = 0,000 (p < 0, 05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik fisioterapis dengan tingkat kepuasan pasien, nilai correlation coefficient (r) = 0,861 artinya tingkat korelasi pada penelitian ini adalah sangat kuat. Penelitian ini menegaskan bahwa pentingnya komunikasi terapeutik fisioterapis untuk meningkatkan kepuasan pasien di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sesuai dengan visi, misi dan tujuan rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Cavaliere, L. P. L., Khan, R., Jainani, K., Sundram, S., Bagale, G., Chakravarthi, K. M., Regin, R., & Rajest, S. S. (2021). The Impact of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Retention: The Mediation of Service Quality. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 22107–22121. www.turkjphysiotherrehabil.org22107

Djoar, R. K., Sinawang, G. W., Purwantini, D., & Djajanti, C. W. (2021). Komunikasi dalam Tatanan Kesehatan (P. Wahyuni (ed.); 1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Fuadi, F., Salim, D., Wicaksono, T. A., Sopandi, A., Amelia, Hidayat, M., Ibrahim, Rayhan, & Aprillia, R. (2022). Systematic Review: Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Antara Fisioterapis Dengan Pasien. Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education IJOPRE, 3(2), 32–40. https://journal.aptifi.org/index.php/ijopre/issue/view/7

Gahayu, S. A. (2019). Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. In Yogyakarta: Deepublish.

Grayson-Sneed, K. A., Dwamena, F. C., Smith, S., Laird-Fick, H. S., Freilich, L., & Smith, R. C. (2016). A questionnaire identifying four key components of patient satisfaction with physician communication. Patient Education and Counseling, 99(6), 1054–1061. https://doi.org/10.1016/j.pec.2016.01.002

Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan & Kepuasan Pasien. In Amirullah (Ed.), Malang: Media Nusa Creative (1st ed.).

Jahan, A. M., Rwaiha, A. E., Gusaibat, S. R., Al-Ahwal, N. A., Al-Jafairi, Z. M., & Al-Rashidi, M. A. (2021). Patient Satisfaction With Physiotherapy Services in Libya: A Cross-Sectional Study. Journal of Patient Experience, 8, 1–7. https://doi.org/10.1177/23743735211033195

Kemenkes RI. (2015). Standar Pelayanan Fisioterapi. Peraturan Menteri Kesehatan RI Menteri Kesehatan RI No. 65 Tahun 2015.

Kusumo, M. P. (2017). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 72–81. https://doi.org/10.18196/jmmr.6130

Kwame, A., & Petrucka, P. (2021). A Literature-Based Study of Patient-Centered Care and Communication in Nurse-Patient Interactions : Barriers , Facilitators , and The Way Forward. BMC Nursing, 20(158), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12912-021-00684-2

Lakke, S., Foijer, M., Dehner, L., Krijnen, W., & Hobbelen, H. (2019). The Added Value of Therapist Communication on The Effect of Physical Therapy Treatment in Older Adults; A Systematic Review and Meta-analysis. Patient Education and Counseling, 102(2), 253–265. https://doi.org/10.1016/j.pec.2018.09.020

Lubis, Z. I. (2016). Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RS PTN Universitas Hasanuddin Makassar. In Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Hasanuddin Makassar.

Odumodu, I. J., Olufunlayo, T. F., Ogunnowo, B. E., & Kalu, M. E. (2020). Satisfaction With Services Among Attendees of Physiotherapy Outpatient Clinics in Tertiary Hospitals in Lagos State. Journal of Patient Experience, 7(4), 468–478. https://doi.org/10.1177/2374373519847370

Pemprov Kalimantan Tengah. (2016). Pedoman Pelaksanaan Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. In Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah No. 22 Tahun 2015.

Raharjo, S. (2021). Tutorial Analisis Korelasi Rank Spearman dengan SPSS. Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2017/04/analisis-korelasi-rank-spearman.html#google_vignette

Razzaq, N., & Khan, E. F. (2023). Linguistics and Physical Therapy: A Team Approach to Improving Communication and Rehabilitation Outcomes. Journal of Engineering Research, 9(June), 486–499.

Rosyidah. (2021). Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi Selama Pandemi COVID – 19 DI RSUD Batara Guru Belopa. Skripsi.

RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. (2016). Indikator Kinerja Rumah Sakit. RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. http://rssi.kotawaringinbaratkab.go.id:90/statis-8-datastatistik.html

Subroto, P., Kurniawan, M. I., Adam, S., & Kurniawati, M. F. (2021). Pengaruh Komunikasi Efektif Pada Kepuasan Pasien Di Instalasi Fisioterapi RSUD DR. H. Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9), 4665–4676. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4097

Sudana, A. A. (2021). Terampil Melakukan Komunikasi Terapeutik dalam Setiap Tindakan Keperawatan. In E. Rahmawati (Ed.), Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Vita, N. I. (2021). Komunikasi Terapeutik Dialogis. In Medan: Scopindo Media Utama.

Wardojo, S. S. I., & Rosadi, R. (2023). Analysis of Patient Satisfaction Levels According to the SERVQUAL Method on Post-Stroke Services at the Physiotherapy Clinic Muhammadiyah University Hospital Malang. KnE Medicine, 2023, 1–8. https://doi.org/10.18502/kme.v3i3.13482

Wijma, A. J., Bletterman, A. N., Clark, J. R., Vervoort, S. C. J. M., Beetsma, A., Keizer, D., Nijs, J., & Van Wilgen, C. P. (2017). Patient-centeredness in physiotherapy: What does it entail? A systematic review of qualitative studies. Physiotherapy Theory and Practice, 33(11), 825–840. https://doi.org/10.1080/09593985.2017.1357151

World Physiotherapy. (2019). Policy Statement: Description of Physical Therapy. London, UK. https://world.physio/resources/what-is-physiotherapy

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Devika, T. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik Fisioterapis Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 7(1), 27–34. https://doi.org/10.22219/physiohs.v7i1.33480