Kecerdasan, kreatifitas, task commitment dan jenis kelamin sebagai prediktor prestasi hasil belajar siswa
Abstract
Prestasi hasil belajar merupakan indikator keberhasilan belajar sekaligus modal siswa untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi. Faktor yang terkait dengan capaian prestasi belajar siswa adalah kecerdasan, kreativitas dan task commitment. Penelitian ini bertujuan melakukan telaah secara mendalam kedudukan faktor internal tersebut terhadap prestasi belajar dengan tinjauan jenis kelamin, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif bagi praktisi pendidikan. Penelitian ini melibatkan 194 siswa SMP, pengumpulan data menggunakan instrumen TIKI-D, TKF-Torrance dan TCS-PLP. Analisa statistik yang digunakan adalah stepwise-regression multivariate. Hasil penelitian menunjukkan variabel kecerdasan, kreativitas dan task commitment merupakan variabel yang memiliki kontribusi kuat terhadap prestasi hasil belajar. Pada siswa laki-laki, kecerdasan dapat dijadikan aspek utama sebagai prediktor, sedangkan pada siswa perempuan prediktor utama adalah kecerdasan dan task commitment. Selanjutnya, perlu dipertimbangkan faktor eksternal yang turut berpengaruh pada capaian hasil belajar. Proses yang terjadi diluar siswa perlu dicermati bahkan diarahkan menjadi faktor pendukung, antara lain adalah interaksi edukasi yang merupakan inti dari proses belajar mengajar. Upaya tersebut dapat diwujudkan sebagai pendidikan karakter yang bertujuan menjadikan siswa sebagai insan yang cerdas, kreatif, mandiri, bertanggungjawab dan berbudi pekerti.Kata kunci: Prestasi belajar, kecerdasan, kreativitas, task commitment, jenis kelamin
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-01-17
How to Cite
Firmanto, A. (2013). Kecerdasan, kreatifitas, task commitment dan jenis kelamin sebagai prediktor prestasi hasil belajar siswa. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/pjsp/article/view/1342
Issue
Section
Journal
License
Authors who publish with Psychological Journal: Science and Practice (PJSP) agree to the following terms:
- For all articles published in Psychological Journal: Science and Practice (PJSP), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.