Pengembangan konseling kelompok untuk peningkatan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online

Authors

  • Triharim K. S. Pilpala

Abstract

Game online telah mempengaruhi perilaku remaja. Banyak di antara mereka yang mengalami kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konseling kelompok bagi peningkatan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online. Penelitian dilakukan dengan desain penelitian tindakan yang dilakukan dua siklus, masing-masing siklus melibatkan tujuh orang remaja usia 18-24 tahun, mereka adalah suatu clan gamer dan mengalami kecanduan pada game online. Data dikumpulkan dengan Self-Control and Self-Management Scale (SCMS) dan wawancara. Analisa data menggunakan analisis gabungan (mixed methods). Hasil wawancara pada tiap sesi menujukkan bahwa semua subjek melaporkan cukup dapat mengelola waktunya pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sehingga intensitas bermain game online dapat dikurangi. Hasil penelitian uji t-test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan Konseling Kelompok-Strategi Pengelolaan Diri (KK-SPD). Berdasarkan hasil analisis ini direkomendasikan agar dalam meningkatkan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online dengan menggunakan konseling kelompok.

Kata kunci: Konseling kelompok, pengelolaan diri, kecanduan game online, remaja, penelitian tindakan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

K. S. Pilpala, T. (2013). Pengembangan konseling kelompok untuk peningkatan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/pjsp/article/view/1351

Issue

Section

Journal