Pengembangan konseling kelompok untuk peningkatan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online
Abstract
Game online telah mempengaruhi perilaku remaja. Banyak di antara mereka yang mengalami kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konseling kelompok bagi peningkatan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online. Penelitian dilakukan dengan desain penelitian tindakan yang dilakukan dua siklus, masing-masing siklus melibatkan tujuh orang remaja usia 18-24 tahun, mereka adalah suatu clan gamer dan mengalami kecanduan pada game online. Data dikumpulkan dengan Self-Control and Self-Management Scale (SCMS) dan wawancara. Analisa data menggunakan analisis gabungan (mixed methods). Hasil wawancara pada tiap sesi menujukkan bahwa semua subjek melaporkan cukup dapat mengelola waktunya pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sehingga intensitas bermain game online dapat dikurangi. Hasil penelitian uji t-test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan Konseling Kelompok-Strategi Pengelolaan Diri (KK-SPD). Berdasarkan hasil analisis ini direkomendasikan agar dalam meningkatkan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online dengan menggunakan konseling kelompok.Kata kunci: Konseling kelompok, pengelolaan diri, kecanduan game online, remaja, penelitian tindakan
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
How to Cite
K. S. Pilpala, T. (2013). Pengembangan konseling kelompok untuk peningkatan pengelolaan diri pada remaja yang kecanduan game online. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/pjsp/article/view/1351
Issue
Section
Journal
License
Authors who publish with Psychological Journal: Science and Practice (PJSP) agree to the following terms:
- For all articles published in Psychological Journal: Science and Practice (PJSP), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.