Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Pemecahan Masalah pada Remaja
Abstract
Masalah yang dihadapi para remaja berhubungan dengan kebutuhan biologis, psikologis, sosial, yang tidak terpenuhi membuat remaja mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang baik dibutuhkan dalam diri remaja sehingga remaja memiliki kemampuan dalam pemecahan masalahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan pemecahan masalah pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 300 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Teknik Sampel Purposif. Skala yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional diadaptasi dari Emotional Intelligence Scale (EIS). Skala yang digunakan untuk mengukur kecerdasan spiritual diadaptasi dari Spiritual Intelligence Self-Report Inventory (SISRI). Skala yang digunakan untuk mengukur pemecahan masalah diadaptasi dari Problem Solving Inventory (PSI). Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS V.20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan pemecahan masalah R = 0,437 p = 0,000. Terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional dengan pemecahan masalah r = 0,386 p = 0,000. Terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan spiritual dengan pemecahan masalah r = 0,399 p = 0,000.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, pemecahan masalah, remaja
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Psychological Journal: Science and Practice (PJSP) agree to the following terms:
- For all articles published in Psychological Journal: Science and Practice (PJSP), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.