Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Lidi Dan Sumbar Suru Terhadap Efikasi Diri Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fauziyatus Syamsiyah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/pjsp.v2i2.23646

Keywords:

permainan tradisional congklak lidi dan sumbar suru, efikasi diri, anak usia sekolah dasar

Abstract

Dunia pendidikan akan membawa siswa menemukan tugas – tugas baru yang harus diselesaikan. Sehingga untuk menyelesaikan tugas siswa membutuhkan efikasi diri yang kuat. Karakter tersebut dapat ditingkatkan. salah satunya dengan permainan tradisional yang memiliki nilai efikasi diri.  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan tradisional “congklak lidi dan sumbar suru” terhadap efikasi diri siswa sekolah dasar. Jumlah subjek sebanyak 27 siswa sekolah dasar dengan teknik purposive sampling. penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen, dengan desain mixed design (between subject design & within subject design). Penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan menggunakan analisa paired sample t-test. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kelompok eksperimen 1 (p=0,009; p=0,009; p < 0,05) & kelompok eksperimen 2 (p=0,013; p=0,013; p < 0,05) dibandingkan dengan kelompok kontrol (p=0,830; p=1.000 p > 0,05) setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional “congklak lidi” dan “sumbar suru” terhadap peningkatan efikasi diri siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ningsih, Y. R. (2021). Manfaat permainan tradisional bola bekel terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1)

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian edisi revisi. Malang : UMM Press. Anas Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka setia. Arifin Zaenal.

Anggriana, T.M., Kadafi, A., & Trisnani, R. (2016). Pengaruh efikasi diri dan internal locus of control terhadap perencanaan karir mahasiswa prodi bimbingan dan konseling ikip pgri madiun. counsellia: Jurnal bimbingan dan konseling, 6(1), 86–96. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.463

Anitasari, A., Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82-90

Apriliana, S. (2015). Pengembangan materi bimbingan peningkatan kepercayaan diri melalui permainan ular tangga untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(4), 68–80.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy by a. bandura 1997.w.h. Freeman and Company

Dewi, A. D., Nurchayati, A. H., Firmansyah, A. I., Hertinjung, W. S., & Pratisti, W. D. (2019). The effects of puppet games from cassava leaves on the self-efficacy of elementary school students.

Firdaus, R. A., & Dewi, D. S. E. (2021). Efikasi diri dengan kecenderungan kecanduan internet pada remaja dimasa pandemi COVID-19. Psimphoni, 1(2), 67-74.

Hsieh, Peggy, Jeremy R. Sullivan, and Norma S. Guerra. "A closer look at college students: Self-efficacy and goal orientation." Journal of advanced academics 18, no. 3 (2007): 454-476. https://doi.org/10.4219/jaa-2007-500

Iswinarti. (2017). Permainan tradisional, prosedur dan analisis manfaat psikologis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Iswinarti. (2017). Pedoman permainan tradisional gembatan dengan metode BERLIAN untuk meningkatkan kompetensi sosial anak. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ja’far, A., Fianto, A.Y.A., & Yosep, S.P. (2014). Penciptaan buku ilustrasi permainan tradisional sebagai upaya pelestarian warisan budaya lokal. Jurnal Art Nouveau, Vol 3, No.1

Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1)

Latipun, 1996. Psikologi eksperimen. Malang: UMM Press

Marissa, D. A. (2018). Pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap efikasi diri akademik akuntansi pada siswa kelas x SMK muhammadiyah pontianak

Ningrum, P., & Rahmawati, R. D. (2022). Pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa sd dalam pembelajaran daring. Prima magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 41-47.

Novianti, C., Sarâ, N., & Arafat, S. (2018). Peningkatan efikasi diri peserta didik pada mata pelajaran ips melalui media permainan ular tangga berbasis kisah perjuangan pahlawan daerah flores. Jurnal Akrab Juara, 3(2), 13-20.

Nurussyifa, U. (2016). Pengaruh permainan tradisional (selentik dan congklak lidi) terhadap peningkatan kemampuan problem solving anak usia sekolah dasar. Malang.

Pertiwi, N. G. (2015). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar pada siswa kelas v sekolah dasar daerah binaan iv kecamatan cilacap selatan kabupaten cilacap (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51-68 https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Pravesti, C.A., Wiyono, B.B., Handarini, D.M., Triyono & Atmoko, A. (2020). Examining the effects of guidance and counseling services to the self-regulated learning for college students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.17478/jegys.664548

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga

Suciono, W. 2021. Berpikir kritis tinjauan melalui kemandiria belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri. Indramayu : CV.Adanu Abimata

Wardani, K. A., Iswinarti, I., & Karmiyati, D. (2019). Peran efikasi diri dalam memediasi hubungan antara keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi. Mediapsi, 5(2),74-8 https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.02.2

Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan permainan ular tangga keyakinan dalam peningkatan efikasi diri siswa SMP. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 95-105. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8882

Yasa, I. K. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Peningkatan efikasi diri siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv sd melalui model pembelajaran numbered head together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330-341.

Published

2022-12-31

How to Cite

Syamsiyah, F. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Lidi Dan Sumbar Suru Terhadap Efikasi Diri Siswa Sekolah Dasar. Psychological Journal: Science and Practice, 2(2). https://doi.org/10.22219/pjsp.v2i2.23646