Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Lidi Dan Sumbar Suru Terhadap Efikasi Diri Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22219/pjsp.v2i2.23646Keywords:
permainan tradisional congklak lidi dan sumbar suru, efikasi diri, anak usia sekolah dasarAbstract
Dunia pendidikan akan membawa siswa menemukan tugas – tugas baru yang harus diselesaikan. Sehingga untuk menyelesaikan tugas siswa membutuhkan efikasi diri yang kuat. Karakter tersebut dapat ditingkatkan. salah satunya dengan permainan tradisional yang memiliki nilai efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan tradisional “congklak lidi dan sumbar suru” terhadap efikasi diri siswa sekolah dasar. Jumlah subjek sebanyak 27 siswa sekolah dasar dengan teknik purposive sampling. penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen, dengan desain mixed design (between subject design & within subject design). Penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan menggunakan analisa paired sample t-test. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kelompok eksperimen 1 (p=0,009; p=0,009; p < 0,05) & kelompok eksperimen 2 (p=0,013; p=0,013; p < 0,05) dibandingkan dengan kelompok kontrol (p=0,830; p=1.000 p > 0,05) setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional “congklak lidi” dan “sumbar suru” terhadap peningkatan efikasi diri siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Al Ningsih, Y. R. (2021). Manfaat permainan tradisional bola bekel terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1)
Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian edisi revisi. Malang : UMM Press. Anas Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka setia. Arifin Zaenal.
Anggriana, T.M., Kadafi, A., & Trisnani, R. (2016). Pengaruh efikasi diri dan internal locus of control terhadap perencanaan karir mahasiswa prodi bimbingan dan konseling ikip pgri madiun. counsellia: Jurnal bimbingan dan konseling, 6(1), 86–96. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.463
Anitasari, A., Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82-90
Apriliana, S. (2015). Pengembangan materi bimbingan peningkatan kepercayaan diri melalui permainan ular tangga untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(4), 68–80.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy by a. bandura 1997.w.h. Freeman and Company
Dewi, A. D., Nurchayati, A. H., Firmansyah, A. I., Hertinjung, W. S., & Pratisti, W. D. (2019). The effects of puppet games from cassava leaves on the self-efficacy of elementary school students.
Firdaus, R. A., & Dewi, D. S. E. (2021). Efikasi diri dengan kecenderungan kecanduan internet pada remaja dimasa pandemi COVID-19. Psimphoni, 1(2), 67-74.
Hsieh, Peggy, Jeremy R. Sullivan, and Norma S. Guerra. "A closer look at college students: Self-efficacy and goal orientation." Journal of advanced academics 18, no. 3 (2007): 454-476. https://doi.org/10.4219/jaa-2007-500
Iswinarti. (2017). Permainan tradisional, prosedur dan analisis manfaat psikologis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Iswinarti. (2017). Pedoman permainan tradisional gembatan dengan metode BERLIAN untuk meningkatkan kompetensi sosial anak. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Ja’far, A., Fianto, A.Y.A., & Yosep, S.P. (2014). Penciptaan buku ilustrasi permainan tradisional sebagai upaya pelestarian warisan budaya lokal. Jurnal Art Nouveau, Vol 3, No.1
Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1)
Latipun, 1996. Psikologi eksperimen. Malang: UMM Press
Marissa, D. A. (2018). Pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap efikasi diri akademik akuntansi pada siswa kelas x SMK muhammadiyah pontianak
Ningrum, P., & Rahmawati, R. D. (2022). Pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa sd dalam pembelajaran daring. Prima magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 41-47.
Novianti, C., Sarâ, N., & Arafat, S. (2018). Peningkatan efikasi diri peserta didik pada mata pelajaran ips melalui media permainan ular tangga berbasis kisah perjuangan pahlawan daerah flores. Jurnal Akrab Juara, 3(2), 13-20.
Nurussyifa, U. (2016). Pengaruh permainan tradisional (selentik dan congklak lidi) terhadap peningkatan kemampuan problem solving anak usia sekolah dasar. Malang.
Pertiwi, N. G. (2015). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar pada siswa kelas v sekolah dasar daerah binaan iv kecamatan cilacap selatan kabupaten cilacap (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51-68 https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Pravesti, C.A., Wiyono, B.B., Handarini, D.M., Triyono & Atmoko, A. (2020). Examining the effects of guidance and counseling services to the self-regulated learning for college students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.17478/jegys.664548
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga
Suciono, W. 2021. Berpikir kritis tinjauan melalui kemandiria belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri. Indramayu : CV.Adanu Abimata
Wardani, K. A., Iswinarti, I., & Karmiyati, D. (2019). Peran efikasi diri dalam memediasi hubungan antara keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi. Mediapsi, 5(2),74-8 https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.02.2
Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan permainan ular tangga keyakinan dalam peningkatan efikasi diri siswa SMP. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 95-105. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8882
Yasa, I. K. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Peningkatan efikasi diri siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv sd melalui model pembelajaran numbered head together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330-341.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fauziyatus Syamsiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Psychological Journal: Science and Practice (PJSP) agree to the following terms:
- For all articles published in Psychological Journal: Science and Practice (PJSP), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published wor (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.