Reality Therapy untuk meningkatkan self acceptance pada mahasiswa dengan problem kecemasan
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v8i1.11963Abstract
Penerimaan diri merupakan masalah yang sering terjadi pada individu yang mengalami kecemasan. Studi kasus ini bertujuan untuk meningkatkan self acceptance pada mahasiswa dengan problem kecemasan. Asesmen dilakukan untuk mendiagnosa subjek adalah wawancara, observasi, dan tes psikologi yang meliputi tes grafis, SPM, dan Self Acceptance Scale. Hasil asesmen awal menunjukkan bahwa individu ingin memiliki teman yang banyak dan tidak lagi cemas ketika presentasi di kelas. Intervensi dilakukan untuk meningkatkan self-acceptance yang ditandai dengan kesadaran diri bahwa dia memiliki kelebihan dan kemampuan untuk sama dengan teman-temannya, dan dapat memahami materi kuliah dengan baik. Intervesi Reality therapy yang diikuti subjek menghasilkan peribahan pada subjek, yaitu mampu mengetahui kelebihan dan kekurangannya, dapat menyusun jangka pendek dan jangka panjang, serta menyusun langkah-langkah mewujudkannya.
Keywords: Reality Therapy, self acceptance, kecemasan, problem dewasa, perencanaan