Meningkatkan keterampilan sosial dengan social skill training pada anak autis

Authors

  • Fatimah Azzahra University of Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/procedia.v8i1.11964

Abstract

Satu kesulitan umum yang dialami oleh anak Autisme Spectrum Disorder (ASD) adalah ketidakmampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya baik secara verbal maupun nonverbal, khususnya dalam hal keterampilan sosialnya. Studi kasus ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan social anak ASD dengan cara pemberian intervensi social skill training. Asesmen yang digunakan adalah wawancara, observasi, Children Behavior Checklist (CBCL), Coloured Progressive Matrices (CPM) dan Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Setelah latihan diberikan menunjukkan bahwa intervensi keterampilan social mampu meningkatkan keterampilan social anak. Beberapa indicator peningkatan itu ditunjukkan dengan peningkatan subjek dalam berinisiatif menyapa orang lain dengan tos dan bersalaman.

KeywordsAutism Spectrum Disorder, keterampilan sosial, social skills training, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Azzahra, F. (2020). Meningkatkan keterampilan sosial dengan social skill training pada anak autis. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(1). https://doi.org/10.22219/procedia.v8i1.11964