Token economi untuk menurunkan perilaku agresif pada anak Gangguan Pemusatan Perhatian atau Hiperaktivitas
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v6i1.12630Keywords:
Token economic, perilaku memukul, GPPHAbstract
Klien (L/9 tahun) saat ini sekolah di SDLB kelas 1.Perilaku klien ketika di sekolah, dimana klien sering menganggu temannya seperti menjahili sampai memukul temannya.Asesmen yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi, Tes WISC, Grafis, CBCL dan ADHD rating scale. Hasil asesmen didapatkan bahwa perilaku memukul klien didapatkan dari proses belajar dan mendapatkan penguatan sehingga perilaku tersebut diulang terus menerus. Klien memiliki gangguan GPPH dengan permasalahan saat ini yaitu perilaku memukul orang lain. Intervensi yang digunakan menggunakan token economic. Hasil intervensi didapatkan bahwa adanya penurunan perilaku memukul klien dari tiga kali memukul menjadi sekali memukul dalam sehari.