Teknik modelling simbolik dan reinforcement positif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada Anak Intellectual Disability
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v6i2.12641Keywords:
intellectual disability, reinforcement positif, video modeling, anakAbstract
Subjek (15 tahun/ L) mengalami kesulitan dan keterlambatan dalam hal intelektual seperti membaca, menulis dan berhitung.Subjek juga mengalami kesulitan dalam berhubungan sosial.Asesmen dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes psikologi dan tes intelegensi.Subjek memiliki masalah dalam keterampilan sosialnya.Hal itu disebabkan karena kurangnya contoh dan stimulus yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya untuk dapat mengembangkan keterampilan sosialnya.Intervensi yang digunakan untuk menangani masalah subjek adalah dengan menggunakan reinforcement positif dan video modeling.Hasil intervensi menunjukkan terdapat perubahan yang positif pada diri subjek.subjek dapat berbicara dengan hati-hati sehingga perkatannya lebih jelas. Subjek juga sudah dapat mengajak temannya untuk berbicara dan menyapa temannya terlebih dahulu.Subjek berbicara dengan nada yang lebih tepat dalam setiap situasi.Hal ini menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan efektif untuk menangani masalah kurangnya keterampilan sosial pada subjek.