Konseling kelompok Realitas untuk menurunkan stres pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus
DOI:
https://doi.org/10.22219/procedia.v7i1.12978Keywords:
Konseling kelompok realitas, stres, anak berkebutuhan khusus, intervensiAbstract
Subjek dalam kasus ini adalah ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 5 orang dengan rentangan usia antara 37-56 tahun. Metode asesmen yang digunakan adalah wawancara, observasi parental stress scale dan subjective units of distress scale . Didapati bahwa Subjek mengalami V15.89 (Z91.89) other personal risk factor dengan permasalahan stress ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Hal ini menjadikan kelima anggota kelompok menjadi pesimis dengan masa depan anak, merasa mengeluarkan energi dan waktu yang banyak untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus dan kebutuhan lain yang dapat membuat anak lebih baik dalam pelajaran ataupun interaksi dengan orang lain. Intervensi yang diberikan adalah konseling kelompok realitas yang dilakukan selama 6 sesi. Hasil intervensi didapatkan bahwa dengan konseling kelompok realitas dapat menurunkan tingkat stres ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus.