Meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak dengan Social Skill Training

Authors

  • Rila Rahma Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.22219/procedia.v1i1.1368

Abstract

DR adalah seorang laki-laki (12 Th) memiliki kesulitan dalam menjalin interaksi sosial. Untuk meningkatkan keterampilan sosial subyek maka diberikan Social Skill Training karena memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu perilaku prososial dan memberikan suatu pengenalan keterampilan sosial yang belum dimiliki anak. Selain itu juga diberikan psikoedukasional kepada keluarga untuk memberikan informasi dan pemahaman mengenai permasalahan yang dialami subyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes psikologi (CAT dan WISC). Intervensi selama tiga hari dan hasil dari intervensi tersebut ialah subyek mulai berani berbicara dihadapan orang lain dan mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan lawan bicara.

Kata kunci: Social skill training, psikoedukasional, interaksi sosial, anak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Rahma Mulyani, R. (2013). Meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak dengan Social Skill Training. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.22219/procedia.v1i1.1368